Sukses

Golkar Masih Tunggu Keputusan DPP soal Pilkada Solo

Jakarta - DPD Partai Golkar Solo masih menunggu surat rekomendasi resmi dari DPP untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020.

"Kalau yang ke Solo kami belum dapat tembusan [surat rekomendasi]. Mungkin masih di atas. Kami secara resmi belum terima," ujar Ketua DPD Partai Golkar Solo, Maria Sri Sumarni, Kamis, 18 Juni 2020.

Menurut Maria, dukungan kepada Gibran memang sudah menjadi keputusan dalam rapat-rapat pengurus DPP Partai Golkar. Begitu juga saat rapat koordinasi (rakor) di Jawa Tengah (Jateng) sudah ada sinyal-sinyal itu.

Tapi secara organisasi, lanjut dia tetap harus menunggu surat resmi mengenai sikap Partai Golkar di Pilkada Solo. Bila sudah menjadi keputusan partai pasti akan ada hitam di atas putih atau surat untuk didelegasikan ke pengurus di daerah.

"Keputusan rapat-rapat itu nanti ditindaklanjuti dengan hitam di atas putih. Itu kebijakan dari DPP. Nanti turun ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Sudah jelas kemarin dari pusat seperti itu. Kami menunggu," jelasnya.

Maria menjelaskan semula Partai Golkar Solo ingin mengusung kader muda Evandra RP Subagyo untuk meramaikan bursa cawali-cawawali Solo. Tapi gerakan itu berhenti karena pandemi Covid-19.

DPD Partai Golkar Solo belum sempat mengusulkan sosok Evandra, DPP Partai Golkar memutuskan untuk mendukung Gibran di Pilkada Solo.

"Secara garis partai kami akan ikuti apa yang menjadi keputusan DPP," tegas dia.

2 dari 3 halaman

Sosok Ideal Pemimpin Solo

Di tempat terpisah, Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Antonius Yogo Prabowo, menyatakan konsisten mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai cawali di Pilkada Solo 2020.

Putra sulung Presiden Jokowi dinilai sebagai sosok ideal pemimpin Solo ke depan. Kendati sedari awal mendukung Gibran, menurutnya PSI menyerahkan sepenuhnya pemilihan figur cawawali kepada PDI Perjuangan.

"PSI mendukung penuh Gibran tanpa syarat. Kami murni berorientasi kepada figur yang sekiranya bisa membawa Solo melompat lebih baik. Tapi bila boleh berharap, kami ingin duet pasangan muda visioner," ujar dia.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: