Sukses

Program Gus Ipul-Puti Ini Antar Guru Madrasah ke Jenjang S1 dan S2

Liputan6.com, Malang - Gelombang dukungan bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) kali ini datang dari ribuan guru Madrasah Diniyah (Madin) di Malang.

Bertempat di Pondok Pesantren Al Riffaie 2, Gondanglegi, para guru ini menyampaikan komitmennya untuk menjadi relawan Gus Ipul.

Mendengar aspirasi para guru, Gus Ipul menyampaikan terima kasihnya. Menurut dia, aspirasi para kiai, khususnya pendidikan Alquran merupakan komitmennya selama ini.

Hal ini telah diimplementasikan melalui program pemberian bantuan kepada sekolah Madrasah Diniyah (Madin) yang diambil dari alokasi APBD Provinsi Jawa Timur.

"Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang memberikan anggarannya hingga ratusan miliar tiap tahunnya untuk madin. Ke depan, ini yang akan kami tingkatkan," kata Gus Ipul di depan peserta yang hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Madin Plus Gus Ipul-Puti

Andai terpilih, Gus Ipul mengaku telah menyiapkan program Madin Plus. Program ini bertujuan untuk memperhatikan pendidikan di madin, mulai santri, guru, hingga infrastruktur sekolah.

Pihaknya akan memberikan beasiswa kepada guru madin untuk menempuh pendidikan di jenjang S1 maupun S2.

Sedangkan bagi santri, pihaknya menyiapkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

Menurutnya, pengembangan pendidikan agama tak bisa dilakukan sendiri. Perlu ada kerjasama antar lembaga untuk menyelesaikan bidang ini, utamanya kerjasama dengan CSR.

"Maju tidaknya sebuah negara dilihat dari kesuksesan pendidikan agamanya, khususnya pesantren. Sehingga, sudah seharusnya pendidikan agama ini juga menjadi perhatian utama. Inilah yang juga menjadi titipan program dari para kiai," kata keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini.

 

Reporter: Haris Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.