Sukses

KPU Lumajang Deklarasi Damai Sebelum Rekap Penghitungan Suara

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang menggelar deklarasi damai dengan forum pimpinan daerah dan peserta Pemilu 2019, sebelum melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Lumajang. Rekapitulasi itu digelar di Gedung olahraga (GOR) Wira Bhakti Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (29/4/2019).

"Diharapkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten dapat diselenggarakan tanpa kecurangan, aman, damai dan prosedural, sehingga kami juga menggelar deklarasi damai," kata Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah di Lumajang seperti dilansir Antara.

Deklarasi damai rekaputulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Kabupaten Lumajang pada Pemilu 2019 ditandatangani oleh KPU Lumajang, Bawaslu Lumajang, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Lumajang, saksi pasangan capres-cawapres baik nomor urut 01 mau pun 02, serta partai politik peserta Pemilu 2019.

"Saya bangga kepada seluruh peserta pemilu dan seluruh jajaran penyelenggara pemilu yang terus memantau, mengikuti dan mengawal kesuksesan demokrasi di Kabupaten Lumajang," ujar Siti.

KPU juga mengucapkan bela sungkawa terhadap dua anggota Linmas dan staf kesekretariatan penyelenggara pemilu yang meninggal karena diduga kelelahan setelah proses pemungutan suara hingga rekapitulasi penghitungan suara yang cukup panjang tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Apresiasi

Sementara Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Lumajang Susianto yang mewakili Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua jajaran penyelenggara pemilu dan petugas penyelenggara pemilu dengan banyaknya pengorbanan, serta penyelenggara yang gugur saat melaksanaan tugas.

"Saya atas nama Pemkab Lumajang menyampaikan bela sungkawa yang sebesar-besarnya atas meninggalnya petugas yang meninggal," katanya.

Menurutnya proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan telah berakhir pada 24 april 2019 yang berjalan sesuai dengan harapan dan mulai Senin ini, KPU Lumajang mengadakan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di tingkat kabupaten.

"Di tengah-tengah kehebohan mengenai hasil 'quick count' Pemilu 2019, kami berharap masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan menghindari berita hoaks, sehingga mempercayakan hasil pemilu kepada KPU sampai tuntas," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Terima Laporan 2 Kubu, Bawaslu Sebut Kecurangan Terstruktur Hitung Suara Sulit Dibuktikan
Artikel Selanjutnya
Menkeu Setuju Beri Santunan ke Petugas Pemilu, Ini Rinciannya