Sukses

453 Surat Suara di Banjarmasin Rusak

Liputan6.com, Banjarmasin - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mendapati ratusan surat suara dalam kondisi rusak saat melakukan pelipatan.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Khairunnizan mengatakan, jenis kerusakan surat suara yang ditemui itu beragam.

"Ada yang sobek, ada yang bernoda, ada yang berlubang juga, dan ada yang tidak simetris pemotongannya, tapi ada juga yang meragukan rusaknya itu," kata Khairunnizan di Banjarmasin, seperti yang dilansir Antara, Kamis (7/3/2019).

Dia menyebutkan, sementara ini, KPU menemukan 453 surat suara rusak. Sebanyak 200 lebih surat suara di antaranya dinyatakan rusak karena pemotongannya tidak simetris.

"Yang tidak simetris dan yang meragukan itu nanti akan kita konsultasikan lagi ke KPU Provinsi, apakah masih bisa dipakai atau tidak," papar Khairunnizan.

 

2 dari 3 halaman

Segera Lapor

Total surat suara yang rusak itu akan direkap dan dikonsultasikan ke KPU provinsi, apakah surat suara tersebut layak atau tidak. Apabila tidak layak segera dilaporkan ke KPU RI.

Sebelumnya, KPU Kota Banjarmasin mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019 yang meliputi pemilihan anggota DPRD kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI dan presiden dan wakil presiden.

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di kota ini sebanyak 447.085 jiwa, yakni, tersebar di lima kecamatan dan 52 kelurahan di kota ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perbedaan Kartu Ma’ruf dan Sandi di Debat Cawapres
Loading
Artikel Selanjutnya
1,7 Juta Lebih Surat Suara Pileg Kota Bandung Diterima KPU
Artikel Selanjutnya
KPU Solok Selatan Temukan Ribuan Surat Suara Pemilu 2019 Rusak