Sukses

KPU Cianjur Terima 5.100.000 Surat Suara

Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi mengatakan, saat ini pihaknya baru menerima surat suara untuk pemilihan legislatif mulai dari pusat hingga kabupaten.

Liputan6.com, Cianjur - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Jawa Barat, telah menerima 5.100.000 surat suara untuk Pemilu 2019. Mulai dari surat suara DPR RI, DRPD propinsi dan kabupaten.

Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi mengatakan, saat ini pihaknya baru menerima surat suara untuk pemilihan legislatif mulai dari pusat hingga kabupaten dan tinggal menunggu untuk pilpres dan DPD RI.

"Untuk hari ini, kami sudah menerima seluruh surat suara untuk pileg mulai dari DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten yang terbagi untuk lima daerah pemilihan. Saat ini surat suara tersebut sudah tersimpan di gudang KPU Cianjur," kata Hilman di Cianjur, seperti dilansir dari Antara, Rabu (13/2/2019).

Total surat suara yang dibutuhkan untuk Pemilu 2019 secara serentak itu, ungkap dia, sebanyak 8 juta surat suara, sehingga pihaknya tinggal menunggu surat suara untuk Pilpres dan DPD RI yang dicetak secara terpisah.

Untuk logistik pemilu, tutur dia, masih banyak yang belum diterima pihaknya. Seperti form C1, C Plano, form D untuk rekap dan form lainnya terutama untuk menghitung rekap suara.

"Setelah menerima seluruh surat suara, dalam waktu dekat, kami akan merekrut petugas pelipat suara yang terdiri dari warga dari berbagai wilayah di Cianjur dengan jumlah mencapai seribuan orang," ujar Hilman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Aman dan Tak Rusak

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Cianjur, Hadi Dzikri Nur, mengatakan saat ini, pihaknya hanya bertugas memastikan tempat penyimpanan logistik pemilu aman dari kerusakan akibat berbagai faktor.

"Pantauan kami gudang penyimpanan KPU sangat layak dan aman dari kerusakan yang dapat menyebabkan surat suara hilang atau rusak akibat faktor alam seperti hujan," kata Hadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.