Sukses

Gaet Pemilih Pemula, KPU Medan Sosialisasi Pemilu 2019 Door to Door

Liputan6.com, Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Sumatera Utara terus meningkatkan sosialisasi Pemilu 2019. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada pesta demokrasi terbesar di Indonesia, terutama pemilih pemula.

Komisioner Divisi Program, Data, dan Informasi KPU Kota Medan Nana Miranti mengatakaan, pihaknya beserta jajaran penyelenggara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terus giat melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat.

"Hari ini masuk tahap kedua penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) di tingkat PPS, PPK, dan KPU Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk DPK tahap 1 sudah kita laporkan ke KPU Provinsi pada 26 Desember lalu bersama Daftar Pemilih Tambahan," ujar Nana, seperti dilansir Antara, Senin (7/1/2019).

Menurutnya, guna memaksimalkan penyebaran informasi ke seluruh masyarakat yang ada di Kota Medan terkait pendataan DPK 2 maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), KPU Kota Medan bersama jajaran PPK dan PPS giat melakukan sosialisasi door to door (pintu ke pintu) langsung ke tengah-tengah masyarakat.

Untuk DPK ini, kata Nana, masyarakat tahu seperti di Pilgub Sumatera Utara 2018 lalu yang pendaftaran dilakukan pada hari pemungutan suara, sedangkan untuk Pemilu 2019 sudah dilakukan sejak sekarang.

"Begitu juga dengan DPTb, seperti di Pilgubsu lalu bisa diurus 3 hari jelang hari H, sedangkan di Pemilu 2019 ini waktu terakhir pengurusannya secara nasional satu bulan sebelum pencoblosan yakni mulai 28 Agustus 2018 hingga 18 Maret 2019," papar Nana.

2 dari 3 halaman

Datangi Masyarakat

Ketua PPK Kecamatan Medan Labuhan Dedi Erwanto mengatakan, sosialisasi dengan mendatangi masyarakat langsung telah dilakukan di Kecamatan Medan Labuhan sejak Sabtu lalu di beberapa titik yang ada di wilayah kerjanya.

Seperti, kata dia, di Rusunawa Seruwai, di Pondok Tasawuf Babur Ridho Simpang Kantor, Kelurahan Martubung, dan Rumah kos-kosan di pinggir KIM Kelurahan Tangkahan.

"Kita akan terus turun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi bersama PPS dan Panwascam. Karena dari kegiatan sosialisasi tersebut banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi ini dan merespons positif kegiatan yang kami lakukan," kata Dedi.

Namun, Dedi juga menyayangkan masih ada di beberapa lokasi pihaknya tidak diizinkan untuk masuk melakukan sosialisasi secara langsung, padahal di lokasi tersebut diketahui ada banyak warga yang terdaftar dari luar Medan.

"Jadi kami hanya bisa menempelkan pengumuman di tembok," jelas Dedi.

Sebelumnya, KPU Kota Medan telah mendata 44 pemilih DPTb dan 613 DPK yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Medan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Anies Janji Penertiban PKL Tanah Abang Terus Dilakukan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
7-1-1789: Pemilu Presiden Pertama di Amerika Serikat
Artikel Selanjutnya
Ada Pemilu, Permintaan Produk Makanan dan Minuman Bakal Melonjak