Sukses

KPU Terus Sempurnakan Data Pemilih Pemilu 2019 di Kapuas Hulu

KPU Kapuas Hulu juga akan melakukan pemetaan pemilih Pemilu 2019 mendatang.

Liputan6.com, Kapuas Hulu - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu Ahmad Yani mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan penyempurnaan data pemilih untuk Pemilu 2019 mendatang.

"Kami akan merekap kembali data pemilih, berapa pemilih yang belum masuk daftar pemilih tetap, sehingga kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak hingga tingkat kecamatan dan desa," ujar Yani di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/10/2018).

Menurut Yani, penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP) akan dilaksanakan hingga 10 - 11 November 2018 mendatang dan kemudian dilaksanakan penetapan pemilih Pemilu 2019.

Dia mengatakan, KPU Kapuas Hulu juga akan melakukan pemetaan. Apabila, kata Yani, lebih banyak pemilih yang tidak masuk dalam DPT, maka tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan tempat pemungutan suara (TPS).

"Kami sangat berharap masyarakat pemilih lebih proaktif, apalagi KPU ada Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih. Masyarakat diminta proaktif melaporkan diri apabila belum terdaftar dalam daftar pemilih," papar Yani.

Selain itu, lanjut dia, pihak keluarga juga supaya melaporkan jika ada daftar pemilih yang sudah meninggal dunia agar ada surat keterangannya dan dihapus dari daftar pemilih.

"Jika ada pemilih yang sudah meninggal tapi masih masuk daftar pemilih, tentu itu akan dipertanyakan, sehingga itu perlu proaktif masyarakat," kata Yani.

Dia berharap, semua pihak dapat bersinergis dalam penyempurnaan data pemilih agar nantinya muncul daftar pemilih hasil perbaikan Pemilu 2019 yang benar-benar valid.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.