Sukses

Bawaslu Karawang Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pemilu

Liputan6.com, Karawang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengajak masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Saat ini sudah masuk tahapan kampanye, jadi perlu peran masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang Kursin Kurniawan saat sosialisasi pengawasan partisipatif kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Lemahabang, seperti dilansir Antara, Jumat (19/10/2018).

Menurutnya, peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu partisipatif itu dibutuhkan. Karena, kata Kursin, petugas pengawas pemilu tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa itu terbatas.

"Bahkan jumlah peserta pemilu lebih banyak dibandingkan dengan jumlah anggota Bawaslu," ucapnya.

Kursin mengatakan, untuk meningkatkan peran pemilih dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2019, Bawaslu setempat terus menggelar berbagai kegiatan sosialisasi, seperti sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar secara serentak di seluruh kecamatan.

Dia menegaskan, kegiatan pengawasan partisipatif ini menjadi konsentrasi Bawaslu. Karena, kata Kursin, pada intinya yang berhak mengawasi pemilu adalah masyarakat.

"Masyarakat harus peduli dengan situasi politik di lingkungannya dengan menyampaikan segala bentuk pelanggaran pemilu," tegas Kursin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bawaslu DKI Jakarta Tertibkan 1.039 Alat Peraga Kampanye
Artikel Selanjutnya
KPU Bangka Dirikan Posko Gerakan Lindungi Hak Pemilih Keliling