Sukses

Tokoh Adat Dayak Deklarasi Pemilu 2019 Damai

Liputan6.com, Jakarta - Tokoh adat Dayak di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah membacakan deklarasi bersama untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan aman, damai, dan lancar.

"Ini sebagai komitmen pengurus Dewan Adat Dayak dan seluruh tokoh adat Dayak untuk mendukung Pemilu 2019 nanti berjalan tanpa ada kendala," ujar Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kotawaringin Timur, Untung, seperti dilansir Antara, Senin (15/10/2018).

Pembacaan deklarasi diikuti seluruh pengurus DAD dan damang seluruh Kotawaringin Timur. Kegiatan ini juga disaksikan ratusan undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Untung memaparkan, beberapa poin penting deklarasi tersebut, yaitu DAD dan damang di Kabupaten Kotawaringin Timur siap mendukung Pemilu 2019 yang jujur, aman, dan damai.

Sementara itu, Ketua Umum DAD Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri juga mengatakan, DAD dan damang seluruh Kotawaringin Timur berkomitmen siap membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kotawaringin Timur agar daerah ini selalu aman dan kondusif.

"DAD serta damang dan mantir sepakat untuk mendukung pemerintah, khususnya dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. Tokoh adat harus berperan mewujudkan itu," kata Taufiq.

Senada, Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi berharap DAD, damang, dan mantir ikut berperan mewujudkan Pemilu yang lancar, aman, dan damai. Peran tokoh adat, kata dia, sangat besar untuk mewujudkan harapan tersebut.

"Kita harus bersama-sama menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif. Tokoh adat diharapkan membantu pemerintah untuk mengajak dan membina masyarakat dalam mendukung pemilu yang aman, lancar, dan damai," papar Supian.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

2 dari 2 halaman

Imbauan Masyarakat

Supian mengimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan provokasi, hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian. Masyarakat, kata dia, jangan mau diadu domba karena dampaknya akan dirasakan semua pihak dan masyarakat luas.

Ketua Umum DAD Provinsi Kalteng H Agustiar Sabran menegaskan, DAD netral dan tidak berpolitik praktis. Namun, kata Sabran, DAD berkepentingan dalam membantu menyukseskan serta mendukung terlaksana pemilu yang lancar, aman, dan damai.

"DAD tidak berpolitik. Di dalam DAD ini ada beragam latar belakang, termasuk partai politik. Kita saling menghargai dan menghormati. Organisasi ini mendukung penyelenggaraan pemilu, sedangkan pilihan politik, diserahkan kepada pribadi masing-masing," terang Agustiar.

Pembacaan deklarasi ini dilaksanakan usai pelantikan dan pengukuhan pengurus DAD Kotawaringin Timur periode 2017-2022 yang diketuai HM Taufiq Mukri sebagai Ketua Umum. Pelantikan dipimpin Ketua Umum DAD Provinsi Kalteng H Agustiar Sabran.

Loading
Artikel Selanjutnya
200 Orang di Kediri Masih Jadi Pemilih Ganda
Artikel Selanjutnya
KPAI: Kegiatan Politik di Sekolah Hanya Sebatas Sosialisasi Pemilu