Sukses

Elite Golkar Depok Temui Gerindra, Sinyal PKS Ditinggal Sendirian di Pilkada Depok?

Penentuan arah koalisi di Kota Depok belum memasuki babak final. Golkar yang diyakini akan bersama PKS, nyatanya para petinggi pengurus partai tersebut kerap bertemu dengan Koalisi Sama-Sama.

Liputan6.com, Jakarta - Penentuan arah koalisi di Kota Depok belum memasuki babak final. Golkar yang diyakini akan bersama PKS, nyatanya para petinggi pengurus partai tersebut kerap bertemu dengan Koalisi Sama-Sama.

Diketahui sejumlah partai yang tergabung pada Koalisi Sama Sama, yakni Gerindra, PPP, PDI Perjuangan, PKB, Demokrat, dan PAN kerap melakukan pertemuan dengan mengusung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri menjadi calon Wali Kota Depok.

Terkini, pengurus DPD Partai Golkar Kota Depok, yakni Tajudin Tabri dan Dindin, didapati bertemu dengan pengurus Partai Gerindra pada Rakorcab Partai Gerindra Kota Depok di wilayah Tapos, Depok, pada Minggu (23/5/2024) sore.

Tidak sampai di situ, di hari yang sama, tepatnya di Hotel Bumi Wiyata, Tajudin Tabri turut terlibat obrolan tertutup dengan Supian Suri dan pengurus partai di Koalisi Sama Sama.

Usai melakukan pertemuan, Tajudin Tabri berusaha menghindari kejaran awak media terkait turut terlibat pada pertemuan Koalisi Sama Sama. Tajudin enggan memberikan komentar kepada awak media yang terus mengikutinya hingga ke parkiran mobil.

“No comment,” singkat Tajudin, Minggu (23/5/2024) malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Biasa

Sementara, Sekda Kota Depok, Supian Suri mengatakan, pertemuan yang dilakukan dengan pengurus partai Koalisi Sama-Sama, merupakan pertemuan biasa. Saat disinggung soal adanya pengurus partai Golkar, Supian enggan memberikan tanggapan.

“Nggak ada yang dibahas khusus, kita cuma ngobrol-ngobrol ringan aja, cuma diskusi aja,” ujar Supian.

Saat disinggung kembali soal keberadaan pengurus DPD Partai Golkar Depok pada pertemuan Koalisi Sama Sama, Supian tidak memberikan jawaban secara spesifik. Begitupun saat ditanya Partai Golkar akan bergabung dengan Koalisi Sama Sama, Supian tidak memberikan jawaban.

“Ya pokoknya ngobrol-ngobrol aja lah, kita ngobrol-ngobrol aja tadi,” terang Supian.

Sementara, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Depok, Hamzah mengatakan, keberadaan pengurus DPD Partai Golkar Depok akan menambah kekuatan baru di koalisi Sama Sama. Seperti pada Rakorcab Partai Gerindra, semua partai Koalisi Sama Sama hadir, ditambah kehadiran dari Partai Golkar.

“Dari Golkar ada Pak Tajudin Tabri dan Sekretaris DPD Golkar Depok, Kang Dindin hadir,” ujar Hamzah.

Pada pertemuan tersebut Koalisi Sama-Sama bersama Supian Suri dan pengurus DPD Partai Golkar Depok, melakukan diskusi bersama. Namun Hamzah enggan membocorkan pembahasan pada diskusi tersebut.

“Kita diskusi, doain aja mudah-mudahan Golkar bersama dengan kita,” jelas Hamzah.

3 dari 3 halaman

Masih Terbuka

Hamzah mengungkapkan, Partai Golkar masih terbuka dengan semua partai untuk koalisi. Begitupun dengan sejumlah partai yang tergabung pada Koalisi Sama Sama, Partai Golkar masih terbuka.

“Mudah-mudahan titik terangnya nanti akan kita kabari teman-teman semuanya,” ungkap Hamzah.

Saat disinggung soal deklarasi PKS dan Golkar yang mengusung Imam dan Ririn untuk calon wali dan wakil wali Kota Depok pada Pilkada 2024, Hamzah menilai pengusungan tersebut belum resmi. PKS dan Golkar masih saling membuka diri dengan partai lain.

“Mereka sendiri kan menyatakan bahwa PKS belum fix juga dengan Golkar,” tegas Hamzah.

Atas dasar tersebut, Koalisi Sama Sama membuka diri untuk Golkar bergabung pada koalisi yang diusung enam partai Politik. Apabila Golkar bergabung, akan menambah kekuatan Koalisi Sama Sama melawan PKS.

“Kita menerima kalau Golkar, karena dari awal pertemuan itu di DPD Golkar Depok untuk koalisi besar, Insya Allah PSI dan Nasdem ikut dengan kita,” pungkas Hamzah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.