Sukses

Zita Anjani Yakinkan Jakarta Kota untuk Semua: Barongsai Saja Lestari

Acara Lion Dance Exhebition ini merupakan langkah kongkret untuk menjaga dan melestarikan keberagaman budaya yang harus diapresiasi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meyakini DKI Jakarta merupakan kota untuk semua kalangan. Ibu Kota Indonesia tersebut menjadi tempat bertemunya masyarakat dari berbagai suku, termasuk salah satunya etnis Tionghoa yang telah menetap lama dengan berbagai kebudayaannya, termasuk barongsai.

"Biasanya ini hanya bisa dilihat di film-film kungfu zaman dulu, tapi malam ini kita bisa saksikan langsung ini (barongsai) lestari di Jakarta dan bahkan ternyata ada atletnya,” tutur Zita saat menghadiri Lion Dance Exhebition: Amanat Kebaragaman Jakarta di Petak Enam, Glodok, Jakarta, Minggu (16/6/2024).

Ketua DPP PAN itu menyebut, acara yang diadakan oleh Kolaborasi Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Jakarta dan Persatuan Liong Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) tersebut merupakan langkah kongkret untuk menjaga dan melestarikan keberagaman budaya yang harus diapresiasi.

Hal itu juga menurutnya merupakan bukti bahwa Jakarta adalah kota bagi semua, kota yang memberikan ruang bagi siapapun.

"Apalagi sekarang atlet yang ikut olahraga barongsai ini tidak hanya didominasi oleh mereka yang Tionghoa. Itulah Jakarta, Kota untuk semua, yang memberikan ruang bagi siapa pun, kita berkolaborasi dan berbaur,” jelas dia.

“Apalagi saya dengar, tim dari Indonesia baru saja memenangkan kejuaran tingkat dunia bulan lalu, mengalahkan Tiongkok, Malaysia, Vietnam, dan Singapura,” sambungnya.

Ketua DPW IPTI, Jovin Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada putri dari Menteri Perdagangan (Mendag) yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan itu, yang masih memberikan perhatian pada olahraga barongsai.

“Semoga kebudayaan yang ada dapat terus didukung pemerintah dan dapat dinikmati lebih banyak orang,” kata Jovin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PAN Tetap Dorong Zita Anjani Jadi Cawagub Jakarta

Ketua DPP PAN Saleh Daulay menyampaikan, saat ini partainya tetap fokus mendorong Zita Anjani sebagai maju Pilkada sebagai calon wakil gubernur Jakarta.

"Kami sangat senang. Ternyata, animo masyarakat pada Mpok Zita cukup tinggi. Buktinya, ada banyak respon positif yang disampaikan," kata Saleh, dalam keterangan resmi, Minggu (9/6/2024).

Dia menjelaskan, alasan PAN mendorong Zita, selain politikus perempuan yang mewakili generasi muda, Zita juga dikenal sebagai sosok yang mudah berinteraksi.

Zita dinilai bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan semua kalangan. Jika nanti jadi wagub, dipastikan akan sangat kontributif dalam membangun Jakarta dan memberdayakan masyarakatnya.

"Dalam dua minggu terakhir ini, ada sejumlah tokoh dan politisi yang bertemu dan berdiskusi dengan Mpok Zita. Temanya adalah simulasi paslon cagub dan cawagub Jakarta. Tidak hanya diskusi, tawaran pun sudah ada yang disampaikan," ungkap dia.

"Kami tentu tidak terburu-buru. Semua tawaran yang masuk kami simulasikan. Sekali maju, kami ingin agar Zita Anjani dan pasangannya terpilih," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

PAN Tetap Berkoordinasi dengan KIM

Dia menyebut, pertimbangan itu sangat lumrah dilakukan sebab semua pihak ingin menang. Apalagi di Jakarta, ada banyak pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan. Ditambah pula dengan program-program lain yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

Namun, dia menyadari PAN tentu tidak bisa sendiri. PAN tetap berkoordinasi dengan KIM. Harapannya, di Pilkada Jakarta semuanya masih tetap bersama.

"Kami menyadari pilkada Jakarta tidak mudah. Butuh kerjasama dan sinergi dengan semua pihak. Tidak bisa menang-menangan sendiri. Kalau mau menang, libatkan semuanya," imbuh Saleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini