Sukses

Libur Idul Adha 2024, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman

Pertamina memastikan stok BBM dan LPG aman untuk libur Iduladha 2024. Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina melakukan kunjungan ke berbagai sarana dan fasilitas untuk memastikan kelancaran pasokan energi.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang libur Idul Adha 2024, Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) melakukan kunjungan ke berbagai sarana dan fasilitas (sarfas) di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk memastikan kelancaran pasokan energi.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengawali kunjungan dengan memantau operasional Pertamina melalui digitalisasi teknologi dan pusat data di Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC) Grha Pertamina.

“Dari pantauan kami, stok BBM dan LPG di seluruh Indonesia dalam kondisi aman. Kami berkomitmen untuk menjaga ketersediaan energi sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan tenang,” ujar Nicke, Minggu (16/6/2024).

Selanjutnya, Nicke bersama Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) mengunjungi Integrated Terminal Jakarta (ITM) Plumpang. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan stok dan infrastruktur energi dalam menghadapi lonjakan permintaan selama libur Iduladha.

“Terminal Jakarta ini sangat penting untuk pendistribusian energi nasional. Kami terus memastikan kesiapan operasional dan infrastruktur agar pelayanan kepada masyarakat tetap optimal,” jelas Komisaris Utama Pertamina, Simon Aloysius Mantiri.

Peran ITM Plumpang

ITM Plumpang merupakan bagian dari jaringan terminal yang terdiri dari Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Tanjung Priok, dan LPG Terminal Tanjung Priok. Ketiga terminal ini terintegrasi untuk memastikan kelancaran pendistribusian energi di wilayah Jawa bagian Barat yang melayani lebih dari 1.000 SPBU.

“Kami meninjau lokasi pengisian dan sistem digitalisasi yang memonitor semua aktivitas. Hal ini penting untuk menjaga transparansi dan mencegah penyimpangan,” tambah Simon.

Kunjungan dilanjutkan ke SPBU 31.143.01 di Jl Yos Sudarso, Sunter, Jakarta, dan Fuel Terminal Cikampek untuk melihat kesiapan dan distribusi pasokan BBM di wilayah Jawa Barat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Apakah Idul Adha?

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan itu disampaikan langsung Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki usai mengikuti sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

"Sidang isbat telah disepakati bahwa 1 Zulhijah 1445 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Dan Insya Allah Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024," ujar Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki.

3 dari 3 halaman

Libur Idul Adha Tanggal Berapa?

Idul Adha tahun 2024 diprediksi jatuh pada tanggal 17 Juni. Penetapan ini dilakukan melalui perhitungan hisab yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Selain itu, hasil sidang isbat yang diadakan pemerintah pada tanggal 7 Juni juga menetapkan tanggal tersebut sebagai hari Idul Adha.

Kedua lembaga ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah, menyepakati bahwa 10 Zulhijah pada tahun 2024 bertepatan dengan tanggal 17 Juni.

Dengan jatuhnya Idul Adha pada tanggal 17 Juni 2024, maka hari tersebut dinyatakan sebagai hari libur nasional. Secara langsung, libur Idul Adha berlangsung selama satu hari.

Selain itu, tanggal 18 Juni 2024 ditetapkan sebagai cuti bersama Idul Adha 1445 Hijriah

Namun, karena jatuh pada hari Senin, maka jika dikombinasikan dengan libur akhir pekan, libur tersebut dapat dinikmati selama tiga hari berturut-turut.

Apalagi, bagi yang mengambil cuti pada hari Jumat, maka gabungan liburnya akan semakin panjang. Dengan demikian, libur Idul Adha 2024 akan terasa lebih lama dan menjanjikan sebuah long weekend yang menyenangkan bagi banyak orang.

Libur panjang ini tentu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, baik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta, merayakan hari besar dengan khidmat, maupun untuk bersantai dan menikmati waktu luang dengan aktivitas yang menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan kegiatan selama libur Idul Adha dengan baik agar dapat maksimal menikmati momen berharga ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.