Sukses

Sekjen Gerindra: Pilkada Jawa Timur Fokus Menangkan Khofifah

Gerindra sudah memastikan satu nama yang akan diusung di Pilkada Jawa Timur 2024 yakni mantan gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum selesai menggodok nama calon gubernur yang akan berlaga pada Pilkada 2024 di Pulau Jawa. Namun, Gerindra sudah memastikan satu nama yang akan diusung di Pilkada Jawa Timur 2024 yakni mantan gubernur Khofifah Indar Parawansa.

 

"Pulau Jawa, belum selesai tentang calon gubernur. Jawa Timur sudah selesai, kita fokus pada pemenangan Ibu Khofifah," kata Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (12/5/2024).

Sementara Jawa Tengah, Jawa Barat, termasuk Jakarta menurut Muzani belum mengerucut ke satu nama. "Jakarta kita perlu waktu sedikit untuk mengambil kesimpulan siapa yang akan kita majukan," kata dia.

Terkait calon yang akan diusung di Sumatera Utara, Muzani membenarkan ada nama Wali Kota Medan Bobby Nasution yang masuk daftar yang akan dibidik.

"Sumut, ya ada beberapa nama yang sedang dikaji termasuk Bobby Nasution," tegasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani menghadiri halal bihalal seluruh pengurus Gerindra Lampung pada Sabtu (11/5/2024).

Pada kesempatan ini dia memperkenalkan calon gubernur Lampung yang sudah diputuskan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yakni Rahmat Mirzani Djausal untuk maju di Pilkada 2024.

Adapun, Rahmat Mirzani Djausal saat ini menjabat sebatai Ketua DPD Gerindra Lampung.

"Di Lampung, Pak Prabowo sudah berkesimpulan bahwa orang yang dianggap cocok untuk jadi gubernur Lampung itu adalah saudara Rahmat Mirzani Djausal. Ditetapkannya Mirza sebagai calon gubernur Lampung oleh Pak Prabowo tidak lepas dari pandangan, saran-saran, dan pendapat-pendapat yang beliau dengar dari berbagai macam tokoh di desa-desa, berbagai profesi-profesi, dan para ulama, kyai, nyai yang ada di Lampung," kata Muzani dalam keterangannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PAN Pastikan Siap Dukung Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas memastikan pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap Khofifah Indar Parawansa untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

"Saya kalau dukung nggak separuh-separuh, terserah beliau saja, yang terbaik untuk Jawa Timur terserah Ibu saja. Terserah Ibu Khofifah," tutur Zulhas usai acara Bintek dan Rakornas PAN di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2024).

Zulhas menyatakan sudah cukup lama mengenal Khofifah. Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, dia dinilai memberikan seluruh tenaga dan komitmen demi memajukan daerah tersebut.

"Oleh karenanya, nggak diminta, yang pertama, kami mendukung. Yang kedua juga kami nggak diminta, malah kami sudah berikan rekomendasinya jauh-jauh hari. Dan Alhamdulillah sekarang di Jawa Timur boleh ditanya, masyarakat Jawa Timur, tanya pada siapapun, Jawa Timur jauh lebih maju, jauh lebih baik, jauh lebih berkembang. Jadi satu prestasi yang luar biasa," jelas dia.

Khofifah Indar Parawansa sendiri menyatakan sangat cocok bekerja dengan Emil Dardak dalam memimpin Jawa Timur. Atas dasar itu, mantan Menteri Sosial itu berharap partai pengusungnya juga dapat bersepakat menjagokan kembali pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024.

"Insyaallah kalau kami mendapat mandat periode kedua Insyaallah bisa lebih mudah kami lakukan pola-pola akseleratif ya," kata Khofifah.

 

3 dari 3 halaman

Khofifah Harap Golkar dan Gerindra Ikut Dukung Duetnya dengan Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024

Khofifah Indar Parawansa hadir dalam acara Bimtek dan Rakornas Partai Amanat Nasional (PAN) di Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, dia mengaku cocok bekerja bersama Emil Dardak dan berharap Golkar dan Gerindra turut mengusung duet keduanya sebagai cagub-cawagub di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

"Mudah-mudahan ini bisa disepakati oleh partai pengusung. Sinyal dari PAN, kemudian kami berharap nanti Golkar dan Gerindra sama, karena yang rekomendasinya sudah dengan paket Mas Emil, itu Demokrat," tutur Khofifah di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2024).

Khofifah berterimakasih atas dukungan dan komitmen PAN yang memberikan ruang dan peluang dirinya bersama Emil Dardak untuk kembali berjuang demi Jawa Timur. Dia menyatakan siap berkontestasi pada November 2024 mendatang.

"Dan saya merasa nyaman dan produktif bersama Mas Emil. Nyaman itu penting bagi partnership di antara kepala daerah dan wakil kepala daerah, produktif jauh lebih penting lagi," jelas dia.

Sebelumnya, Mantan Wakil Gubernur Jatim yang juga ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak mengaku dirinya telah mendapat mandat dari DPP Demokrat untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa pada Pilkada Jatim 2024.

Emil mengaku saat ini dirinya tengah berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat serta partai politik lainnya.

"Kita ingin mematangkan rencana kita menuju ke pemilihan yang akan datang. Nah tentu karena ini adalah suatu proses yang harus menghormati juga, partai-partai tentu kami sudah berkomunikasi untuk mengatakan ini sebagai sebuah pasangan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.