Sukses

PAN Buka Pintu untuk PDIP jika Ingin Dukung Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membuka pintu bagi PDI Perjuangan untuk mendukung Khofifah Indar Parawansa di pemilihan gubernur Jawa Timur (pilgub Jatim) 2024.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membuka pintu bagi PDI Perjuangan untuk mendukung Khofifah Indar Parawansa di pemilihan gubernur Jawa Timur (pilgub Jatim) 2024.

Eddy menyebut sebagai partai pertama yang mendorong Khofifiah, PAN sangat merekomendasikan kepada PDIP untuk berkoalisi di Jatim.

"PAN sebagai partai yang pertama kali mengeluarkan rekomendasi kepada Beliau siap menjalin komunikasi politik dengan parpol lainnya untuk membangun koalisi besar mengusung Ibu Khofifah di pilgub. Kami juga sangat welcome jika teman-teman dari PDIP bergabung dalam koalisi," kata Eddy saat dikonfirmasi, Rabu (1/5/2024).

Tak hanya itu, Eddy juga berharap agar Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat juga mendukung Khofifah di pilgub Jatim 2024.

Terlebih, Khofifah bagian dari Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di pilpres 2024.

"Kita berharap Gerindra, Golkar dan Demokrat juga akan mendukung Bu Khofifah. Bagaimana pun juga Beliau adalah Ketua TKD Jatim di pilpres 2024," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur, Said Abdullah buka suara soal perkembangan terbaru rekomendasi partainya di pilgub Jatim 2024. Salah satunya, soal kemungkinan mengusung petahana Khofifah Indar Parawansa.

"Pilgub, kami dalam proses, insyaallah. Paling tidak kami sudah duduk dengan Mbak Khofifah di depan kader-kader PAN dalam rangka rakorwil pemenangan pilkada PAN," kata Said usai hadir dalam acara halalbihalal dan rakorwil PAN Jatim di Surabaya, Selasa (30/4/2024).

Said menyatakan momen dirinya duduk bersama kader PAN dan Khofifah ini merupakan hal yang indah.

"Kan indah kalau sudah duduk bersama seperti ini. Kebetulan hadir Mas Riski Sadig, ketua DPW PAN Jatim memberikan fasilitas itu dan saya bangga hadir di tempat ini. Pak Riski Sadig dengan saya itu saudara," jelasnya.

Terkait rencana PDIP mendukung duet Khofifah-Emil di pilgub Jatim 2024, Said meminta semua pihak menunggu terlebih dahulu. Sebab, hingga kini belum ada kesepakatan.

"Jangan harap ada kesepakatan, baru saja bincang-bincang (dengan Khofifah), masak langsung ada kesepakatan," ucap Said.

"Yang terpenting, kami tahu persis apa yang diinginkan Mbak Khofifah lima tahun ke depan untuk membangun Jatim," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasa Nyaman, Khofifah Ingin Kembali Maju Pilgub Jatim dengan Emil Dardak

Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa mengaku merasa nyaman dan produktif bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Emil Elestianto Dardak.

Untuk itu, Khofifah memohon doa restu untuk kembali berproses dalam pilkada Jatim pada bulan November mendatang.

"Hari ini kami sowan bersama dengan Pak Emil. Beliau adalah penguat dalam perjalanan kami lima tahun memimpin Jatim. Dan ke depan insyaallah kami akan berproses kembali untuk pencalonan gubernur di bulan November 2024 mendatang," kata Khofifah dalam keterangan tertulis di Surabaya, Minggu (28/4/2024).

Ia mengemukakan, sejauh ini banyak pihak yang selalu menanyakan apakah akan maju kembali bersama Emil Dardak dalam pilgub Jatim 2024.

"Saya merasa nyaman dan produktif dengan Pak Emil. Rasa nyaman itu penting dan produktif juga sangat penting. Maka kami mohon doa panjenengan agar apa yang sudah dan yang akan kami lakukan ke depan bisa memberikan berkah manfaat bagi semua," kata Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah mengatakan bahwa di Jatim masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan meski begitu banyak prestasi dan capaian yang telah diraih dan prestasi serta kemajuannya hanya bisa diraih jika semua elemen saling bergandengan tangan dan bersinergi secara harmoni.

"Di posisi ini keberseiringan ulama umaro sangat strategis yaitu dalam upaya menjaga negara dan menjaga agama. Semoga semua yang sudah terbangun selama ini bisa terus terjalin dengan sinergis dan harmonis," tuturnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.