Sukses

Gugat ke MK, Irman Gusman Minta Namanya Masuk DCT DPD Sumbar dan Lakukan Coblos Ulang

Irman Gusman meminta MK menyatakan Keputusan KPU yang mencoret namanya sebagai dari daftar calon tetap adalah tidak sah dan harus dibatalkan di Pileg 2024 daerah Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman, menjadi salah satu pihak yang gagal lolos ke Senyan di Pileg 2024. Bersama kuasa hukumnya, Heru Widodo, dia pun membawa sengketa tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Melalui petitum dalam permohonannya, Irman meminta MK menerima seluruh dalilnya dan mengabulkan permohonan keberatan untuk seluruhnya. 

Selain itu, dia juga meminta MK menyatakan Keputusan KPU yang mencoret namanya sebagai dari daftar calon tetap adalah tidak sah dan harus dibatalkan di Pileg 2024 daerah Sumatera Barat.

“Menyatakan tidak sah dan batal Keputusan KPU Nomor 1563 Tahun 2023 Tentang Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Daerah Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, pada Lampiran Ill Keputusan KPU Nomor 1563 Tahun 2023 Tentang DCT Anggota DPD Dalam Pemilu 2024, MODEL DCT.DPD DCT Anggota DPD, Dapil Provinsi Sumbar, tanggal 3 November 2023,” kata Heru di ruang sidang panel 1, Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024).

“Dan memerintahkan termohon yaitu KPU untuk menetapkan pemohon sebagai Calon Tetap Anggota DPD Dalam Pemilu 2024, pada DCT Anggota DPD Dapil Provinsi Sumbar berdasarkan Putusan PTUN Jakarta Nomor 600/G/SPPU/2023/PTUN.JKT tanggal 19 Desember 2023,” lanjut Heru.

Oleh karena itu, Heru meminta kepada MK untuk memerintahakan Termohon menyelenggarakan pemungutan suara ulang atau PSU di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) se-Provinsi Sumatera Barat dalam Pemilu Anggota DPD Dapil Sumatera Barat dengan diikuti oleh 16 Calon Anggota DPD.

“Meminta MK agar memerintahkan Badan Pengawas Pemilu dan aparat penegak hukum turut mengamankan jalannya pemungutan suara ulang bersama TNI dan Polri,” Heru menandasi.

Sebagai informasi, daftar calon tetap atau DCT pada Pileg DPD RI daerah pemilihan Sumatera Barat 2024 hanya diikuti 15 orang. Tidak ada nama Irman Gusman karena dinyatakan KPU tidak memenuhi syarat sebagai DCT.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

15 Nama DCT Pileg untuk DPD Sumbar

Berikut nama 15 orang yang DCT Pileg 2024 untuk DPD Sumatera Barat:

1. Abdul Aziz (Laki-laki, Kota Bukittinggi)

2. Cerint Iralloza Tasya (Perempuan, Kota Padang)

3. Desrio Putra  (Laki-laki, Kota Padang)

4. Dirri Uzhzhulam (Perempuan, Kabupaten Padang Pariaman)

5. Emma Yohanna (Perempuan, Kota Padang)

6. Hendra Irwan Rahim (Laki-laki, Kota Padang)

7. Jelita Donal (Laki-laki, Kabupaten Padang Pariaman)

8. Jhoni Afrizal DT Hitam (Laki-laki, Kabupaten Solok)

9. Leonardy Harmainy DT Bandaro Basa (Laki-laki, Padang)

10. Mevrizal (Laki-laki, Kota Padang)

11. Muslim M Yatim (Laki-laki, Kota Padang)

12. Nurkhalis (Laki-laki, Kota Padang)

13. Yonder WF Alvarent (Laki-laki, Kota Padang)

14. Yong Hendri (Laki-laki, Kabupaten Sijungjung)

15. Yuri Hadiah (Perempuan, Kota Padang)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini