Sukses

Kaesang Disebut Akan Maju di Pilkada Jakarta, PAN Sebut Tak Masalah

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep langkah politiknya tak akan berhenti hanya menjadi pemimpin partai, tapi akan bertarung diajang pemilihan kepala daerah 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep langkah politiknya tak akan berhenti hanya menjadi pemimpin partai, tapi akan bertarung diajang pemilihan kepala daerah 2024.

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu digadang-gadang akan maju sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Terkait hal ini, Wakil Sekretaris Jenderal PAN Fikri Yasin angkat bicara soal ini. Menurut dia, tak ada masalah bagi partainya jika Kaesang memperebutkan kursi nomor 1 di Jakarta itu.

"Kalau soal Kaesang mau maju sebagai cagub DKI ya enggak apa-apa sah-sah karena semua punya hak itu," kata Fikri, saat dikonfirmasi, Rabu (20/3/2024).

Saat ditanya, apakah PAN sudah menyiapkan sosok yang akan maju dalam Pilgub Jakarta, Fikri menegaskan belum ada tokoh yang dibahas sampai saat ini. Namun, dia menyebut, PAN akan menyiapkan kader terbaik untuk bertarung di Jakarta nanti.

"Namun sejauh ini kita juga belum lihat ke arah sana," ujar dia.

"Sejauh ini kita masih melihat dan menyiapkan kader sendiri untuk maju di DKI tentu yang punya kemampuan segalanya," imbuh Fikri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golkar Siap Koalisi dengan PSI

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar merespons soal wacana Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang digadang-gadang bakal maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. 

Dia menyatakan bahwa Partai Golkar tidak masalah jika Kaesang turut meramaikan kontestasi Pilkada DKI Jakarta pada 2024 mendatang. Sebab, Partai Golkar sudah siap menghadapi siapapun kandidatnya.

Diketahui, Zaki menjadi salah satu tokoh yang diberi mandat oleh Partai Golkar untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

"Enggak ada masalah, Golkar Jakarta siap," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (19/3/2024).

Lebih lanjut, Ahmed Zaki Iskandar juga tidak menutup kemungkinan partainya akan berkoalisi dengan partai yang dinakhodai Kaesang.

Apalagi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Golkar dan PSI berada dalam satu koalisi untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Siap koalisi, karena kan PSI bagian dari Koalisi Indonesia Maju dengan Golkar dan beberapa partai lainnya," ucap mantan Bupati Tangerang ini.

 

3 dari 3 halaman

Sahroni Tak Takut Lawan Kaesang

Selain itu, Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem Ahmad Sahroni juga semakin terang-terangan menunjukkan ketertarikannya berlaga di kontestasi Pilgub DKI Jakarta. Hal itu dia sampaikan melalui akun instagtam pribadinya.

"Siapapun yang mau maju Gubernur DKI Jakarta, gue kagak takut," tulis Sahroni, Minggu (25/2).

Bahkan, jika Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut maju, Ahmad Sahroni mengaku tak gentar.

"Sekalipun Kaesang ikutan (tapi dia mau nggak tuh?)," tambah dia.

 

Reporter: Eko Prasetya/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.