Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Masyarakat Ciptakan Suasana Aman dan Kondusif di Masa Tenang Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden atau Wapres Ma'ruf Amin mengajak masyarakat dan seluruh elemen bangsa untuk bergotong royong menciptakan suasana aman dan kondusif dalam rangka mendukung masa tenang Pemilihan Umum atau Pemilu yang dimulai pada hari ini, Minggu (11/2/2024) hingga Selasa 13 Februari 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Wakil Presiden (Jubir Wapres) Masduki Baidlowi melalui Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Jakarta, Minggu (11/2/2024).

"Wapres berharap, penyelenggara pemilu dari pusat hingga daerah, sampai para petugas tempat pemungutan suara di lapangan dapat bekerja secara profesional dan penuh amanah pada hari pemungutan dan penghitungan suara nanti," ujar Wapres Ma'ruf Amin yang disampaikan Masduki, melansir Antara, Minggu (11/2/2024).

Selain itu, lanjut dia, Ma'ruf Amin juga menyerukan agar masyarakat berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan hak suara sesuai hati nurani masing-masing pada 14 Februari 2024.

Pesan lain yang disampaikan adalah adalah pentingnya menjaga keteguhan pendirian jelang masa masa pencoblosan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

"Sebagai warga negara yang baik hendaknya jangan golput. Juga jangan mau diintervensi oleh siapapun, dengan iming-iming uang atau apapun. Teguhlah dengan pendirian," kata dia.

Masduki mengingatkan, Indonesia sudah pada tahapan akhir Pemilu 2024. Untuk itu, Wapres Ma'ruf Amin menginginkan Pemilu bukan sekadar aman dan damai, tetapi juga demokratis, jujur, dan adil.

"Wapres Ma'ruf Amin menekankan bahwa dengan pemilu yang bermartabat, maka kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara negara akan semakin tinggi, dan ini baik bagi masa depan demokrasi Indonesia," kata Masduki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hindari Penyebaran Berita Hoaks

Selain itu, Wapres Ma'ruf Amin juga meminta masyarakat untuk menghindari penyebaran berita palsu (hoaks) atau provokatif, serta terus saling menghargai dan menghormati terhadap pilihan politik sesama warga bangsa.

"Di masa tenang ini, diharap masyarakat bekerja menjalankan aktivitas seperti biasa sambil mempersiapkan diri untuk hari pemungutan suara nanti," ucap dia.

"Semoga Pemilu 2024 berjalan lancar, aman, dan dengan suasana yang riang gembira," jelas Masduki menyampaikan pesan Wapres Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mulai menertibkan ribuan alat peraga kampanye (APK) di masa tenang Pemilu 2024, pada Minggu (11/2/2024) dini hari ini.

Penurunan APK kampanye itu difokuskan pada baliho dan spanduk di jembatan dan jalan protokol. Selanjutnya, akan dilakukan di lingkungan dan permukiman warga.

Sekitar 500 personel gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), KPU dan Bawaslu dikerahkan dalam penertiban APK yang berada di kawasan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

 

3 dari 4 halaman

Masuki Masa Tenang, Alat Peraga Kampanye Pemilu 2024 di Jaktim Mulai Diturunkan

Para petugas mulai membongkar beberapa baliho yang terpasang di bahu jalan dan taman kota. Untuk menurunkan baliho yang tidak terjangkau, petugas menggunakan mobil tangga Suku Dinas Bina Marga Jaktim.

Wali Kota Jaktim M Anwar mengatakan, penertiban APK ini bagian dari aturan perhelatan akbar demokrasi yang memasuki tahap masa tenang kampanye.

"Pada pukul 00.00 WIB kita lakukan penertiban pada seluruh APK di lingkungan Kota Jakarta Timur, dengan santun dan berhati-hati," kata Anwar saat apel penurunan APK Pemilu Damai di halaman Kantor Wali Kota Jaktim, Minggu (11/2/2024).

Dia mengharapkan semua pihak dapat mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan Pemilu 2024, khususnya terkait penertiban APK dan menjaga situasi kondusif serta mentaati semua aturan sebagaimana yang telah ditetapkan.

"Manfaatkan waktu tenang dengan sebaiknya dengan netralitas, gunakan hak pilih sebaik mungkin, kita semua bersaudara. Wujudkan demokrasi yang sehat, jujur dan sebagai contoh bahwa Kota Jakarta Timur dapat menjaga kerukunan," ujarnya. Dilansir dari Antara.

 

4 dari 4 halaman

Harap Proses Pemilu Berjalan Lancar

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilpaly menambahkan pihaknya bersinergi dalam membersihkan APK, sehingga diharapkan pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berjalan aman dan lancar.

"Seperti yang disampaikan Pak Wali, kita akan menjaga kondusif dan masyarakat agar dapat menggunakan hak suaranya, jangan takut ke TPS," ujarnya.

Sedangkan, Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur Letkol Arm Suyikno mengatakan TNI tetap netral serta siap bertugas untuk mengamankan warga.

"Kita junjung teguh netralitas, jangan takut untuk bersama menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Jakarta Timur," ujarnya.

Penertiban APK itu dilakukan secara serentak di lima wilayah DKI Jakarta setelah berakhirnya masa kampanye dan memasuki masa tenang pada Minggu (11/2/2024) hingga Selasa 13 Februari 2024. Sementara, pencoblosan Pemilu dilakukan pada Rabu 14 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.