Sukses

‘Serang’ Balik ke Gibran, Gus Imin: yang Penting Bukan Catatan MK

Jual-beli serangan antara Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar atau Gus Imin dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat malam hari ini belum usai.

Liputan6.com, Jakarta - Jual-beli serangan antara Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar atau Gus Imin dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat malam hari ini belum usai. 

Ketika Gibran menyinggung Gus Imin soal membawa catatan dalam menjawab pertanyaan, kini giliran Gus Imin yang menyindir Gibran soal Mahkamah Konstitusi (MK).

“Maaf saya baca catatan biar tidak salah, yang penting ini bukan catatan Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Gus Imin di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Minggu (21/1/2024).

Mendengar sindiran tersebut, Gibran menjawabnya dengan santai. Menurut dia, apa yang dikatakan Gibran agar tidak membuat Gus Imin tegang.

“Nah gitu dong Gus, jangan terlalu tegang seperti debat yang kesatu,” jawab Gibran. 

Diketahui, MK yang dimaksud Gus Imin adalah putusan yang melegalkan Gibran soal batas usia menjadi calon presiden dan wakil presiden yang sarat dengan pelanggaran etik.

Sebagai informasi, debat malam hari ini mengangkat enam tema. Pertama, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup. Kedua, sumber daya alam dan energi. Ketiga, pangan. Keempat agraria. Kelima masyarakat adat dan keenam adalah desa. 

Debat berdurasi total 150 menit dengan dimoderatori oleh dua jurnalis perempuan. Mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

Debat cawapres masih menggunakan format enam segmen, segmen pertama adalah pemaparan visi-misi, segmen kedua-ketiga adalah pendalaman visi-misi melalui pertanyaan panelis. Kemudian segmen keempat-kelima adalah pertanyaan dari masing-masing calon wakil presiden, dan segmen keenam adalah penutupan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Tertinggal Hanya 4.000

Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menuturkan, saat ini tinggal 4.000 desa tertinggal seiring penerapan dana desa yang membangun infrastruktur dan transformasi desa.

Cak Imin yakin pembangunan dari bawah yang berasal dari desa akan menumbuhkan ekonomi masyarakat, menjaga dan melestarikan sosial budaya.Selain itu, sejak Undang-Undang (UU) pembangunan desa yang diikuti penerapan dana desa yang terus meningkat setiap tahun mendorong pembangunan infrastruktur dan transformasi di desa.

 “Dari 13 ribu desa yang tertinggal menjadi desa maju, desa mandiri, sekarang tinggal 4.000, ini bukti infrastruktur berjalan baik. Dana desa berjalan baik sehingga masyarakat desa merasakan anggaran. Dana kita tingkatkan Rp 5 miliar, tak hanya untuk infrastruktur tetapi juga BUMdes,kegiatan usaha, pertanian, peternakan, ekonomi kreatif sehingga orang tertarik (tinggal di desa-red),” ujar dia.

Cak Imin menuturkan, seiring pertumbuhan desa yang terjaga itu akan membentuk komunitas membanggakan sehingga membuat masyarakat untuk tidak tertarik urbanisasi.

Debat capres dan cawapres memasuki debat keempat atau debat kedua untuk cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat yakni tema energi dan sumber daya alam, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Tiga kandidat yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar memaparkan visi misi dalam debat cawapres. Demikian dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

KPU menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini