Sukses

Bersih-Bersih Pantai Pesisir Tangerang, TKN Fanta: Isu Lingkungan Hidup Tanggung Jawab Kita Semua

Dalam agenda kali ini tim TKN Fanta bekolaborasi bersama kelompok muda serta warga sekitar Kampung Nausabahari Nusantara untuk mengembalikan pelestarian alam setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta), melalui Fanta for Earth mengadakan aksi penanaman bibit mangrove dan bersih-bersih di Pantai KSS, Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten. Berkolaborasi dengan komunitas lokal, Kelompok Kampung Bahari Nusantara (KKBN), aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian bumi.

"Ini sebagai bukti komitmen TKN Fanta Prabowo-Gibran untuk berkarya, yang selama ini kita anggap penting sebagai merawat bumi dan menjaga kelestarian alam untuk kehidupan kita semua," kata Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan di Tangerang, Sabtu (20/01/2024).

Ia menyebutkan, dalam agenda kali ini tim TKN Fanta bekolaborasi bersama kelompok muda serta warga sekitar Kampung Nausabahari Nusantara untuk mengembalikan pelestarian alam setempat.

Selain itu, lanjut dia, tujuan dari kegiatan tersebut, juga sebagai bentuk antisipasi terjadinya pengikisan tanah di daerah pesisir pantai yang disebabkan oleh ombak dan arus laut dengan menanamkan bibit mangrove.

"Kami juga melihat, di beberapa daerah sudah kelihatan adanya dampak dari abrasi, contoh di daerah Bekasi sampai masyarakatnya itu mengungsi, jadi kita tidak inginkan seperti itu ke depannya," kata Arief yang juga merupakan Wakil Direktur TKN Milenial Jokowi-Ma’ruf Amin 2019 ini.

Dia mengungkapkan, jika aksi pelestarian alam ini merupakan bagian dari program unggulan pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di Indonesia. "Kita buktikan jelang pagelaran debat nanti sebagai perwakilan program dari pasangan calon Prabowo-Gibran," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap atas adanya kegiatan tersebut dapat memantik masyarakat, khusunya generasi muda dapat menjaga lingkungan maupun eksosistem laut yang ada di sekitar.

"Kami berharap, Fanta for Earth bisa menginspirasi anak-anak muda di seluruh Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkunganya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Dilaksanakan di Beberapa Daerah

Sementara, Koordinator Fanta For Earth Muhammad Hidayat menambahkan bahwa program ini sebelumnya sudah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di kawasan aliran Sungai Ciliwung dan juga di daerah Sulawesi Selatan.

"Kita tidak bicara pilihan soal Prabowo-Gibran, tapi kita bicara komitmen dari anak-anak muda yang ada di TKN, untuk berkontribusi ikut menjaga lingkungan hidup. Dan kami harapkan kedepan program ini terus berjalan," ungkap Hidayat.

Fanta for Earth adalah sau dari 26 cluster di bawah TKN Fanta, sebagai kanalisasi orang muda sesuai konsentrasi, passion, ekspertis, maupun isu advokasi masing-masing.

Sejak awal aktivasinya, TKN Fanta hingga hari ini telah melangsungkan 122 aktivasi cluster sebagai kanalisasi orang muda yang berbaris bersama Prabowo-Gibran. Selain cluster, TKN Fanta juga sudah melaksanakan lebih dari 40 Kopdar di berbagai kota/kabupaten dalam rangkaian roadshow Pemilihmuda.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.