Sukses

Anies PeDe Sumbar Bukan Lagi Basis Prabowo: Orang Minang Inginkan Perubahan

Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan melanjutkan kampanye di Sumatera Barat (Sumbar) pada hari ini, Rabu (3/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan melanjutkan kampanye di Sumatera Barat (Sumbar) pada hari ini, Rabu (3/1/2024). Dia akan menyambangi Tanah Datar dan Solok.

Anies ditanyai ihwal optimismenya menggaet dukungan di Sumbar untuk Pemilihan Presiden atai Pilpres 2024. Mengingat selama dua periode Pilpres (2014 dan 2019), warga Minang memberikan dukungan untuk Prabowo.

Menurut Anies Baswedan, masyarakat Minang realistis dalam mendukung calon pemimpin. Anies menilai, masyarakat Minang mendukung calon presiden (capres) yang membawa visi dan misi perubahan.

"Masyarakat Minang ini bukan basisnya satu orang, tapi basisnya orang-orang yang menginginkan perubahan. Jadi ketika yang didukung itu ingin melakukan perubahan saya rasa masyarakat Minang akan berada di situ, itu pandangan saya," ujar Anies di Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar, Rabu (3/1/2024).

Oleh karena itu, Anies meyakini Sumbar bukan lagi lumbung suara capres Prabowo Subianto. Sebab, kata dia, masyarakat Minang mendukung gagasan perubahan.

"Jadi saya tidak menerjemahkan sebagai dukungan kepada satu orang tapi dukungan kepada satu gagasan, yaitu gagasan perubahan, itu pula yang muncul di 2014, itu juga yang muncul di 2019, dan kami yakin semangat perubahan juga yang muncul di 2024 ini," ucap Anies.

Berdasarkan informasi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN, di Sumbar, Anies bakal bertolak ke Tanah Datar. Di sana rencananya akan digelar 'Desak Anies'.

"Pukul 10.30 WIB, Desak Anies. Lokasi di Lapangan Cindua Mato," demikian informasi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu dengan Petani

Pada siang harinya, Anies melanjutkan perjalanan kampanye di Sumbar dengan bertemu para petani di Kabupaten Solok. Anies direncanakan bertemu dengan kelompencapir di Sawah Solok Padang Lindang.

Lalu, pada pukul 14.45 WIB, kampanye Anies di Sumbar diakhiri dengan pertemuannya bersama para simpatisan di Gelanggang Olahraga (GOR) Tanjung Paku atau Gor Alimin Sinapa.

Sebelumnya, Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan melanjutkan kampanye Pilpres 2024 pada Rabu (3/1/2024) dengan kembali menyapa masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Tercatat, ini menjadi kali keempat Anies berkunjung ke Ranah Minang sejak diusung sebagai capres.

Anies menyatakan, selalu senang dapat kembali ke Ranah Minang. Pasalnya, Anies sejak kecil akrab dengan biografi tokoh-tokoh kelahiran Sumatera Barat, semisal Bung Hatta hingga Buya Hamka.

"Saya senang sekali setiap kali pulang ke Ranah Minang. Masa kecil saya, saya menikmati membaca biografi. Dan Biografi tokoh-tokoh yang saya baca banyak sekali adalah tokoh-tokoh kelahiran dari Ranah Minang ini," kata Anies dalam acara 'Desak Anies' di Lapangan Cindua Mato, Tanah Datar, Sumbar, Rabu (3/1/2024).

"Mereka pejuang-pejuang luar biasa, bisa disebut namanya kita semua tahu lah dari Bung Hatta, Bung Syahrir, Tan Malaka, Natsir, Hamka, kemudian Hj. Rangkayo Rasuna Said, Muhammad Yamin," lanjut Anies.

 

3 dari 3 halaman

Anies Nilai Tokoh Sumbar Luar Biasa

Anies menilai, tokoh-tokoh asal Sumbar tersebut luar biasa. Bahkan, kata Anies, banyak tokoh asal Sumbar yang mampu berperan aktif untuk kemerdekaan Indonesia di masa lampau.

"Jadi setiap kali mendengar atau kembali ke Ranah Minang ini selalu mengingat masa-masa itu. Ini adalah sebuah tempat yang berhasil kira-kira gini panggilan ibu apa di sini? Amak, Bundo Kanduang. Gini ada banyak pejuang-pejuang tumbuh di sini. Bundo Kanduang melahirkan pejuang-pejuang untuk Indonesia bisa seperti sekarang," terang Anies.

Selain itu, Anies menyebut selalu ada hal baru yang dia dapatkan setiap kali bertandang ke Sumbar. "Itulah sebabnya saya merasa senang sekali dan tiap kali kembali rasanya memang beda seperti juga sekarang ini," ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini pun mengaku tak sadar apabila telah empat kali datang ke Sumbar. Dia menyebut, akan datang lebih sering lagi ke Sumbar.

"Jadi Alhamdulillah ini saya baru sadar 4 kali ya ke sini pokoknya tidak terasa seperti banyak (ke sini) rasanya masih perlu sering lagi bolak balik ke sini.

Diketahui, Anies pertama kali ke Sumbar pada Desember 2022 lalu. Tepatnya, tak lama usai Partai NasDem menyatakan mengusung Anies untuk Pilpres 2024.

Lalu, Anies kembali menginjakkan kaki ke Ranah Minang pada Agustus 2023. Dia kembali lagi ke Sumbar untuk yang ketiga kalinya pada November 2023 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.