Sukses

Megawati Pertanyakan Pihak yang Menekan Rakyat Jelang Pemilu 2024

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan, tidak boleh ada pihak yang berusaha menekan rakyat di tengah situasi politik jelang Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan, tidak boleh ada pihak yang berusaha menekan rakyat di tengah situasi politik jelang Pemilu 2024.

Menurut dia, pihak tersebut mencoba seolah-olah memberikan sesuatu kepada rakyat, tetapi tanpa melalui perundang-undangan yang ada di Indonesia.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) organ relawan pendukung Ganjar-Mahfud di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11/2023). Di mana, acara itu dihadiri oleh ribuan organ relawan Ganjar-Mahfud dari seluruh Pulau Jawa.

Megawati meminta agar rakyat tidak ditekan apalagi dipertontonkan oleh sejumlah pihak yang menabrak aturan dan perundang-undangan.

"Bolehkah kamu menekan rakyatmu. Bolehkah kamu memberikan apapun kepada rakyatmu tanpa melalui perundangan yang ada di Republik ini," kata dia.

Ribuan relawan pun bersorak "Tidak".

Dia pun menyinggung pihak yang baru berkuasa, tetapi bertindak seperti rezim otoriter Orde Baru. Meski, Megawati mengaku dirinya tak ingin berkata hal tersebut. Namun, ini diungkapkan lantaran sudah terlalu jengkel melihat situasi saat ini.

"Kenapa? Republik penuh dengan pengorbanan tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman Orde Baru?" kata Megawati.

Megawati pun membakar semangat ribuan organ relawan dengan mengajak melawan ketidakbenaran. "Benar tidak? Merdeka, merdeka, merdeka. Menang kita. Ganjar-Mahfud satu putaran," ucapnya

"Lawan, lawan, lawan," sorak ribuan relawan yang membuat Hall B JIExpo Kemayoran bergemuruh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merasa Tak Adil

Dia kemudian menggambarkan dirinya yang merasa ada yang tak adil dengan kondisi saat ini.

"Ndak, kadang-kadang ya, kadang-kadang apa ya, saya manusia juga dong. Tetapi ya bayangkan, kok saya tidak seperti dihormati ya. Lho, kenapa? Lho saya jelek-jelek pernah presiden lho, dan masih diakui dengan nama Presiden ke-5 Republik Indonesia," terang Megawati.

"Saya tentu tidak, apa, nurani saya ya terbuka dong, lho ini gimana sih? Maunya apa sih? Mari kalau mau bersaing, kita, saya kalau suka di PDI Perjuangan, biar ibu ini perempuan, tapi ibu petarung," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Megawati dan Ketum Parpol Disambut Meriah

Para ketua umum partai politik pengusung pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, hadir secara langsung di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar-Mahfud se-Jawa di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11/2023). 

Para ketua umum yang hadir secara langsung yakni, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP)Megawati Soekarnoputri yang tampak mengenakan pakaian khas PDIP berwarna merah dan hitam. 

Kemudian, hadir Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang mengenakan baju putih. Dari PPP mewakili Plt Ketua Umum PPP, yakni Wakil Ketua Umum DPP PPP, Amir Uskara.

Kehadiran Megawati tersebut mendapatkan sambutan meriah dari para ribuan sukarelawan yang hadir dalam acara. 

"Selamat datang kepada yang terhormat Ketua Umum DPP PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri," kata MC. 

Sontak para ribuan relawan pun antusias dan bersorak sorai mengeluh-eluhkan nama Megawati. 

"Mega, Mega, Mega," pekik ribuan relawan. 

Mendengar hal itu, Megawati lantas memberikan respon dengan mengangkat tangannya dan menunjukkan gestur tangan simbol metal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • PDIP

  • Pemilu

Video Terkini