Sukses

Beri Kado Topi SD, Ganjar Ajak Anies dan Prabowo Prioritaskan Pendidikan

Bukan hanya capres, tapi cawapres juga saling tukar kado. Mahfud MD memberikan buku biografi semasa menjabat di MK kepada Gibran dan kopiah hitam bertuliskan Nahdlatul Ulama ke Muhaimin Iskandar.

Liputan6.com, Jakarta - Momen menarik terjasi di acara 13 tahun Mata Najwa yang menghadirkan tiga pasangan calon presiden 2024 di atas satu panggung, Minggu (19/11/2023) malam. Di penghujung acara, para paslon saling bertukar hadiah.

Capres Ganjar Pranowo memberikan bingkisan kepada Prabowo Subianto, kemudian ke Anies Baswedan. Oleh Anies Baswedan, kado itu langsung dibuka dan ternyata isinya sebuah topi SD berlogo Tut Wuri Handayani serta kaus bergambar wajah tiga capres dengan tulisan "Pilpres Sementara Sahabat Selamanya".

Ganjar Pranowo menerangkan bahwa hadiah itu memiliki makna pendidikan sangat penting untuk kemajuan Indonesia.

"Agar semua, siapa pun yang menang akan ingat pendidikan Indonesia," kata Ganjar dalam keterangannya, Senin (21/11/2023).

Kaus itu kemudian diperlihatkan oleh ketiga capres ke arah ribuan penonton yang hadir di tempat acara Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Diketahui, semasa menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode, Ganjar membuat sejumlah program pendidikan gratis.

Di antaranya SMKN Jawa Tengah, yang membawa Ganjar mendapat penghargaan. Salah satunya detikcom Award 2023 sebagai tokoh pendongkrak kualitas pendidikan.

Selain SMKN Jawa Tengah, politikus berambut putih itu juga membuka sekolah virtual. Akses pendidikan gratis bagi anak-anak yang putus sekolah.

Malam itu, bukan hanya capres tapi cawapres juga saling tukar kado. Mahfud MD memberikan buku biografi semasa menjabat di Mahkamah Konstitusi (MK) kepada Gibran Rakabuming Raka. Dan, kopiah hitam bertuliskan Nahdlatul Ulama ke Muhaimin Iskandar.

Momen apik itu dipungkasi dengan puisi yang dibacakan langsung oleh Najwa Shihab dengan iringan instrumen "Seperti Rahim Ibu" karya Efek Rumah Kaca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata Najwa Berusia 13 Tahun

Mata Najwa memasuki usianya yang ke-13. Momen tersebut diperingati secara spesial dengan mengundang seluruh kandidat calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) 2024 ke acara spesial bertajuk “Bergerak, Bergerak, Berdampak” di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. 

“Menandai perjalanan 13 tahun Mata Najwa, program talk show yang dipandu oleh jurnalis senior sekaligus pendiri Narasi Najwa Shihab menggelar perayaan spesial bertajuk “Bergerak, Bergerak, Berdampak” di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki pada 19 November 2023,” tulis Dita Indah Nurmasari, Head of Event Strategic and Creative Narasi dalam situs narasi.tv, seperti dikutip Minggu (19/12/2023). 

 “Acara ini mengundang sejumlah tokoh penting seperti para calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo," tambah Dita. 

Pantauan di lokasi, tampak hadir secara berututan. Mulai dari calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Imin yang disusul calon wakil presiden nomor urut 3 dan calon presidennya yakni Mahfud Md dan Ganjar Pranowo yang hadir hampir bersamaan. 

Menyusul mereka, hadir pula calon wakil presiden nomor 2 yaitu Gibran Rakabuming Raka dan calon presiden nomor urut 1 yaitu Anies Baswedan. Mereka pun langsung dibawa oleh panitia ke ruang auditorium utama. 

Sebagai informasi, calon presiden nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto hadir sekitar 19.52 WIB. Diketahui, Prabowo pada hadir telat usai bersafari ke wilayah Lebak, Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.