Sukses

PSI Elektabilitas Naik, Disebut Efek Kepemimpinan Kaesang Pangarep

Elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sejumlah meningkat. Disebut, ini karena efek kepemimpinan Kaesang Pangarep sebagai ketua umum.

Liputan6.com, Jakarta Elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sejumlah meningkat. Disebut, ini karena efek kepemimpinan Kaesang Pangarep sebagai ketua umum.

Peneliti Senior Populi Center, Usep Saepul Ahyar mengatakan, ini juga efek ekor jas dari Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka.

“Itu kan diduga faktor Kaseang, lalu itu juga saya menduga coattail effectnya Gibran itu juga ada sebagian ke PSI, dan pasangan ini karena mendukung Prabowo-Gibran ya dan pasangan ini itu juga kan didukung milenial 52 persen itu saya kira salah satu indikasi bahwa para pemilih Gibran dalam hal ini juga tertarik juga dengan PSI," kata dia dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023).

"Dan PSI kan ketika ngambil Kaesang itu kan diasosiasikan atau di dekatkan yang sangat dekat dengan Gibran, dia kakak adik ya gimana," sambungnya.

Selain itu, cara kampanye PSI dengan karakter anak muda juga menjadi faktor. Menurutnya, hal itu adalah model kampanye yang sesuai dengan ceruk yang disasarnya.

"Mereka memahami persis ya soal karakter anak muda, kan kita tahu juga anak muda ini ya yang dibawah 45 tahun itu 52 persenan, itu angka yang cukup tinggi dan itu mereka (PSI) tahu karakternya (anak muda)," ujarnya.

Menurutnya, generasi muda sudah bosan dengan gaya kampanye yang terlalu serius. Maka dari itu, PSI membuatnya dengan cara yang gembira.

"Dia (anak muda) tidak suka dengan gaya gaya politisi yang membosankan yang terlalu serius, makanya tagline mereka kan berpolitik dengan riang gembira, lalu kemudian gaya gayanya juga begitu," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disukai Anak Muda

Usep melanjutkan, cara kampanye yang disukai anak muda itu selaras dengan figur pesohor dan nyeleneh seperti Kaesang.

Hal ini pun beririsan dengan Presiden Jokowi yang juga memiliki banyak pendukung milenial.

"Nah itu saya kira faktor faktor yang mungkin PSI ini agak melejit di antara partai partai bari dan itu terlihat setelah ada perubahan yang cukup signifikan ketika mendukung Prabowo-Gibran, lalu Kaesang menjadi ketua, lalu cara berkampanye yang relatif sesuai karakter anak muda," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.