Sukses

Survei Populi Center: Prabowo-Gibran Paling Mungkin Menang Pilpres Satu Putaran

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming paling memungkinkan menang Pilpres 2024 satu putaran.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming paling memungkinkan menang Pilpres 2024 satu putaran. Peluang Prabowo-Gibran menang satu putaran sebesar 42,5 persen.

"Dari tiga pasangan capres-cawapres, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dianggap sebagaipasangan yang paling mungkin menang dalam 1 putaran dengan 42,5 persen," kata Hartanto dalam konferensi pers temuan survei Populi Center tentang elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres, Kamis (9/11/2023).

"Kemudian disusul Ganjar-Mahfud dengan 21,9 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 18,4 persen, sementara yang menolak menjawab sebesar 17,2 persen," sambungnya.

Dia menyampaikan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran juga lebih unggul dibandingkan dua pesaingnya yakni, Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Berdasarkan hasil survei, elektabilitas Prabowo sebesar 35,1 persen, Anies 18,2 persen, dan Ganjar 18 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elektabilitas Cawapres

Sementara elektabilitas Gibran sebagai cawapres sebesar 25,9 persen. Kemudian disusul oleh Mahfud Md 16,3 persen dan Muhaimin Iskandar 12,3 persen.

"Elektabitas terbuka Anies Baswedan pada beberapa survei sebelumnya rata-rata hanya sebesar 14 persen, namun pada survei kali ini elektabitas Anies Baswedan sebesar 18,2 persen. Sementara Muhaimin Iskandar juga meningkat dari 4,7 persen di bulan September menjadi 12,3 persen pada survei kali ini," jelas Hartanto.

3 dari 3 halaman

Metode Survei

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan pada 29 Oktober-5 November 2023 terhadap 1.200 responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling.

Margin of error ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini dilakukan melalui tatap muka melalui aplikasi Populi Center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.