Sukses

Visi-Misi AMIN: Indonesia Adil Makmur dan Tawarkan 8 Jalan Perubahan

Menurut Anies-Cak Imin, Indonesia yang makmur adalah menjadikan kemiskinan masa lalu dan kemakmuran ditandai dengan layanan publik yang terjangkau dan berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon presiden-wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjadi pasangan yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tepatnya, pada Kamis, 19 Oktober 2023. 

Pasangan AMIN diusung oleh beberapa partai. Antara lain, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta satu partai non-parlemen yakni Partai Ummat.

Visi-Misi yang digaungkan oleh pasangan AMIN tidak terlepas dari kata perubahan. Sehingga menjadi kata yang identik dengan AMIN.

Dalam dokumen visi-misi AMIN, mereka mengungkapkan telah berkeliling Indonesia dari Aceh hingga Papua. Bertemu dan bertatap muka, mendengar, dan berbicara dengan rakyat Indonesia dari berbagai usia, latar belakang budaya, pendidikan, profesi, status sosial ekonomi, dan agama. 

"Kami juga berdiskusi dengan ribuan tokoh masyarakat, pemikir dan akademisi, pemuka agama dan aktivis. Perjalanan panjang tersebut memberi bukti bahwa kehidupan rakyat saat ini masih dipenuhi berbagai masalah,” tulis dokumen itu.

Dengan berbagai masalah yang ditemui, muncul benang merah dimana harus menghadirkan kesejahteraan bagi semua sehingga dibutuhkan perubahan.

Perubahan tidak hanya suatu keinginan, tetapi juga suatu keniscayaan. Apa yang didengar dan ditangkap dari rakyat semakin menguatkan tekad AMIN untuk melakukan perubahan yang lebih baik bagi negeri. 

“Dengan perubahan sebagai dasar gagasan, kami mengusung visi yang merupakan impian jutaan rakyat Indonesia, yakni: Indonesia Adil Makmur untuk Semua,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Jalan Perubahan sebagai Misi AMIN

Menurut Anies-Cak Imin, Indonesia yang makmur adalah menjadikan kemiskinan masa lalu dan kemakmuran ditandai dengan layanan publik yang terjangkau dan berkualitas bagi setiap warga negara. Mulai dari kesehatan, pendidikan, perumahan, pangan, transportasi, energi, dan informasi.

Selain itu, kemakmuran dibarengi dengan pelestarian alam dan lingkungan. Alam adalah warisan generasi masa lalu dan pinjaman generasi masa depan yang harus dijaga.

Terakhir, Indonesia makmur dimana setiap warga negara memiliki akses layanan publik, kesempatan untuk hidup layak dan bahagia dapat dicapai oleh setiap anak bangsa.

Pasangan AMIN Tawarkan 8 Jalan Perubahan sebagai Misi

Setidaknya delapan misi yang tercatat dan akan dilakukan dalam upaya mewujudkan misi dari pasangan AMIN.

Misi merupakan langkah konkret untuk mewujudkan perubahan seperti apa yang digaungkan. Hal ini untuk Indonesia yang lebih maju dan adil. Delapan misi yang digaungkan disebut dengan “8 Jalan Perubahan”.

  1. Memastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok dan Biaya Hidup Murah melalui Kemandirian Pangan, Ketahanan Energi, dan Kedaulatan Air
  2. Mengentaskan Kemiskinan dengan Memperluas Kesempatan Berusaha dan Menciptakan Lapangan Kerja, Mewujudkan Upah Berkeadilan, Menjamin Kemajuan Ekonomi Berbasis Kemandirian dan Pemerataan, serta Mendukung Korporasi Indonesia Berhasil di Negeri Sendiri dan Bertumbuh di Kancah Global
  3. Mewujudkan Keadilan Ekologis Berkelanjutan untuk Generasi Mendatang
  4. Membangun Kota dan Desa Berbasis Kawasan yang Manusiawi, Berkeadilan dan Saling Memajukan
  5. Mewujudkan Manusia Indonesia yang Sehat, Cerdas, Produktif, Berakhlak, serta Berbudaya
  6. Mewujudkan Keluarga Indonesia yang Sejahtera dan Bahagia sebagai Akar Kekuatan Bangsa
  7. Memperkuat Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara, serta Meningkatkan Peran dan Kepemimpinan Indonesia dalam Kancah Politik Global untuk Mewujudkan Kepentingan Nasional dan Perdamaian Dunia
  8. Memulihkan Kualitas Demokrasi, Menegakkan Hukum dan HAM, Memberantas Korupsi Tanpa Tebang Pilih, serta Menyelenggarakan Pemerintahan yang Berpihak pada Rakyat     ReplyForward

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.