Sukses

Jokowi Izinkan Gubernur Lemhanas Masuk Tim Pemenangan Ganjar di Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengizinkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto sebagai bagian dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo untuk pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengizinkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto sebagai bagian dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo untuk pemilu 2024.

Menurut Jokowi, teknisnya akan diatur oleh menteri sekretaris negara atau mensesneg.

"Sudah saya izinkan. Teknisnya seperti apakah harus cuti, Mensesneg (Pratikno) ya untuk aturan teknisnya," kata Jokowi di Kompleks GBK Jakarta usai melihat laga Timnas Indonesia di Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Sebelumnya, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Andi Widjajanto telah resmi bergabung Tim Pemenangan Nasional (TPN) bakal capres Ganjar Pranowo. Menurut Andi, keterlibatan dirinya ke TPN tidak melanggar undang-undang.

"Berkaitan dengan posisi saya sebagai Deputi Politik 5.0, saya akan memastikan bahwa posisi saya di sini sesuai dengan aturan yang ada dalam perundang-undangan," kata Andi di Markas TPN Ganjar Pranowo, Selasa (11/10/2023).

Menurutnya, pejabat dari lembaga pemerintah non-kementerian diperbolehkan terlibat di tim kampanye. Meski demikian, ia mengaku akan berkomunikasi dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno terkait keterlibatannya di TPN.

"Ini akan didiskusikan dengan Mensesneg untuk betul-betul memastikan bahwa pelibatan saya di TPN sesuai dengan apa yang dalam peraturan perundang-undangan," kata dia.

Selain itu, Andi memastikan Lemhannas akan netral dan tidak akan berpolitik praktis di pemilu 2024.

"Saya pasti menjamin bahwa lembaga yang saya pimpin Lembaga Ketahanan Nasional akan sepenuhnya netral, tidak berpolitik praktis dalam proses pemilu 2024. Itu sudah saya tekankan berkali-kali, berulang-ulang pada teman-teman di Lemhanas," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Sambut Baik Bergabungnya Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto di TPN

Ganjar Pranowo menanggapi santai ihwal masuknya Andi Wijajanto ke tim pemenangannya. Dia menyebut Andi bergabung di TPN-nya tanpa membawa atribut gubernur Lemhanas RI.

"Ya, terima kasih. Mungkin bukan gubernurnya, personalnya kali ya," kata Ganjar usai menghadiri diskusi Jaringan Indonesia (Jari) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/23).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.