Sukses

Keberhasilan Memimpin Erick Thohir Beri Dorongan Kuat Diusung Cawapres 2024

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menilai, nama Erick Thohir semakin menguat berkat kerja hebatnya menuntaskan berbagai tugas besar dari Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepemimpinan gemilang yang dihadirkan Menteri BUMN Erick Thohir beri dampak positif besar secara elektoral. Sosoknya disukai lantaran miliki banyak prestasi, hingga membuat Erick Thohir layak didorong maju calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menilai, nama Erick Thohir semakin menguat berkat kerja hebatnya menuntaskan berbagai tugas besar dari Jokowi. Erick Thohir berhasil menghadirkan banyak dampak positif bagi masyarakat Tanah Air.

“Prestasinya Pak Erick ya terutama beberapa urusan yang itu menyangkut isu-isu populer terkait soal bola dan lain-lain," kata Adjie, Jumat (06/10/2023).

Penugasan khusus Jokowi pada Erick Thohir bahkan sudah dimulai sejak ditunjuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Kemudian menjadi Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Selain itu, Erick Thohir juga didelegasikan Jokowi untuk menemui FIFA dalam penyelamatan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA, pascatragedi Kanjuruhan Malang. Lebih dari itu juga diberi kepercayaan menjadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

"Kan kelihatan di ruang publik beliau bisa menangani itu dengan baik,” sambungnya.

Lebih lanjut dia menyebut, atas hadirnya sejumlah penugasan khusus tersebut semakin membuat hubungan Erick Thohir dengan Jokowi menjadi sangat erat. Maka tidak heran Erick Thohir kini sangat difavoritkan sebagai cawapres pilihan bagi semua kalangan.

“Kedekatan beliau dengan Jokowi punya impact ke beliau karena approval rating Pak Jokowi ini kan cukup tinggi,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir Menteri Berprestasi

Menteri BUMN Erick Thohir dikenal sebagai menteri berprestasi yang dimiliki oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Predikat sebagai menteri berprestasi itu membuat Erick Thohir mendapatkan insentif elektoral dari Jokowi.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan para menteri yang berkinerja baik pasti akan dinilai masyarakat secara bagus. Tak terkecuali Erick Thohir yang selama ini berhasil mentransformasikan BUMN menjadi lebih bagus.

 “Orang-orang yang berkontribusi dalam pemerintahan Pak Jokowi itu mendapatkan insentif elektoral,” kata Adjie, Kamis 5 Oktober 2023.

Dalam berbagai survei, elektabilitas Erick Thohir memang selalu berada di posisi pertama dan mengalahkan nama-nama tenar lainnya. Misalnya pada temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Agustus memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir berada di angka 15,9 persen.

Hasil serupa juga ditunjukkan Polling Institute periode Agustus yang menempatkan nama Erick Thohir di posisi pertama dengan torehan hasil 15,1 persen pada simulasi 19 nama. Nama menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini tetap berada di posisi pertama dalam simulasi lima nama Polling Institute dengan 24,5 persen.

Berkat kinerjanya yang mentereng, membuat Erick Thohir menjadi sangat dipercaya oleh Jokowi dalam menangani berbagai hal. Mulai dari Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19, Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga utusan Indonesia agar terhindar dari sanksi berat FIFA.

Bahkan, dalam urusan personal Erick Thohir mengemban tugas menjadi ketua panitia pernikahan anak ketiga Jokowi yakni Kaesang Pangarep. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk kepercayaan tertinggi Jokowi kepada Erick Thohir.

“Kedekatan beliau dengan Pak Jokowi kemudian di ruang publik beberapa kali urusan-urusan yang penting itu Pak Erick yang dipercaya mengurusi,” pungkas Adjie.

3 dari 4 halaman

Lanjutkan Program Jokowi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir dinilai pasangan yang potensial melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas karena keduanya masuk dalam jajaran menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi.

"Karena keduanya berada dalam kabinet Jokowi, tentu pasangan ini (Prabowo - Erick) potensial melanjutkan programnya," kata Hanggoro saat dihubungi, Rabu (04/09/2023).

 Seperti diketahui, Prabowo sengat memperhatikan kualitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia. Ia menyatakan akses yang lebih baik ke pendidikan berkualitas dan pelayanan kesehatan yang terjangkau adalah kunci untuk meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia.

Di samping itu, Erick Thohir sangat membantu mewujudkan program-program Presiden Jokowi sebagai Menteri BUMN. Hal ini tentu memberinya pengalaman dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melanjutkan program Jokowi di masa depan.

 

4 dari 4 halaman

Erick Thohir Berhasil Bangun Ekonomi

Erick Thohir telah berhasil membangun ekonomi sebagai kunci untuk menciptakan kesempatan dan kemakmuran bagi rakyat Indonesia. Ia bekerja nyata untuk menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif dan menguntungkan bagi semua kalangan masyarakat.

Kerja sama antara Prabowo Subianto dan Erick Thohir mampu menciptakan optimisme besar tentang masa depan Indonesia. Dengan berbagai pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, keduanya memiliki potensi untuk membuat perubahan positif yang signifikan dalam berbagai sektor di Indonesia.

Lebih lanjut, Hanggoro menambahkan kedua tokoh tersebut menjadi pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat sebagai pasangan. Baik Prabowo Subianto maupun Erick Thohir keduanya efektif dalam menggerakkan pembangunan negara ini ke arah yang lebih baik.

"Keduanya ini mempunyai pengalaman untuk bisa melanjutkan program Jokowi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini