Sukses

Miliki Berbagai Potensi, Erick Thohir Dinilai Sangat Layak Jadi Cawapres Prabowo

Erick Thohir juga memiliki kekuatan politik yang berasal dari dukungan PAN. Menurutnya, dorongan PAN memperbesar peluang Erick Thohir ditunjuk sebagai Cawapres Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir memiliki berbagai potensi besar untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto. Sebab, Erick Thohir memiliki elektabilitas yang tinggi serta sumber daya politik yang mumpuni.

“Dengan potensi elektabilitas dan sumber daya politik yang dimilikinya, tentu Erick Thohir layak dipertimbangkan sebagai kandidat cawapres,” kata Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi saat dihubungi, Selasa (26/09).

Dari Berbagai survei, elektabilitas Erick Thohir memang selalu menduduki posisi pertama. Misalnya pada temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Agustus memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir berada di angka 15,9 persen.

Hasil serupa juga ditunjukkan Polling Institute periode Agustus yang menempatkan nama Erick Thohir di posisi pertama dengan torehan hasil 15,1 persen pada simulasi 19 nama. Nama menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini tetap berada di posisi pertama dalam simulasi lima nama Polling Institute dengan 24,5 persen.

Tingginya elektabilitas Ketum PSSI itu tak terlepas dari kinerjanya selama memimpin BUMN. Erick Thohir berhasil membuat BUMN meraih laba sebesar Rp303 triliun pada tahun 2022 yang mana merupakan raihan terbesar dalam sejarah.

Selain itu, Erick Thohir juga memiliki kekuatan politik yang berasal dari dukungan PAN. Menurutnya, dorongan PAN memperbesar peluang Erick Thohir ditunjuk sebagai Cawapres Prabowo dari koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Meski Erick Thohir belum menjadi kader parpol, namun telah digadang-gadang sebagai cawapres yang akan diusung oleh PAN,” pungkas Ade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Tarik Elektoral Erick Thohir Dinilai Bisa Kuatkan Kemenangan Pilpres 2024

Keunggulan Menteri BUMN Erick Thohir makin menjadikannya figur calon wakil presiden (cawapres) yang potensial untuk dipilih pada Pilpres 2024. Erick Thohir hadir dengan membawa daya tarik elektoral menguatkan potensi untuk meraih kemenangan.

Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi menyampaikan, Erick Thohir makin berpeluang besar dapat diusung sebagai cawapres lantaran punya modal elektoral mumpuni. Sehingga tentunya terbuka untuk dapat menaikkan suara keterpilihan.

 "Erick Thohir dianggap Cawapres yang punya daya tarik elektoral yang tinggi bagi pemilih," kata Ade, Selasa (26/09/2023).

Karenanya, tambah dia, kondisi demikian semakin menjadikan Erick Thohir figur cawapres yang banyak digandrungi semua kalangan masyarakat. Hasil catatan sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Erick Thohir berada di daftar elektabilitas teratas.

Melihat temuan survei Voxpol Center periode 24 Juli - 2 Agustus 2023, nama Erick Thohir berhasil tempati posisi teratas pada simulasi tiga nama cawapres. Erick Thohir sukses mendapat angka sebesar 34,4 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.