Sukses

Jokowi Terima Laporan Intelijen soal Parpol, PKB: Jika Dipakai Untuk Kepentingan Petugas Partai Itu Tindakan Tak Adil

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai data yang dimiliki Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal partai politik dari intelijen adalah untuk penguatan partai politik. Sebab, presiden merupakan pembina partai politik.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai data yang dimiliki Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal partai politik dari intelijen adalah untuk penguatan partai politik. Sebab, presiden merupakan pembina partai politik.

"Saya yakin penggunaan data yang diperoleh presiden itu untuk penguatan partai-partai yang ada. Untuk membina partai-partai dalam fungsi pembinaan, karena kan presiden pembina partai-partai politik," kata Jazilul, saat diwawancarai di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/9).

Namun, dia menyebut jika data tersebut digunakan untuk kepentingan tertentu maka hal itu merupakan tindakan tidak adil.

"Asal untuk kepentingan bangsa dan negara. Tapi kalau digunakan untuk kepentingan misalkan selaku petugas partai tertentu atau kader partai tertentu saya pikir itu tindakan yang tidak adil," tegas dia.

Akan tetapi, Jazilul meyakini jika Presiden Joko Widodo akan berlaku adil dan menghormati domain partai politik.

"Saya yakin Pak Prwesiden akan bersikap adil terhadap informasi yang diterima," ucap dia.

"Untuk partai-partai seperti disampaikan Pak Presiden berulang kali itu domain dari ketua umum partai-partai politik, saya pikir Pak Presiden akan menghormati kedaulatan partai-partai politik," imbuh Jazilul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi dari Intelijen

Sebelumnya, Jokowi sempat membeberkan memiliki informasi lengkap dari intelijen soal situasi dan arah politik partai-partai.

Hal ini dikatakannya di depan rapat kerja nasional relawan Seknas (Sekretariat Nasional) di Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (16/9).

"Saya tahu dalamnya partai seperti apa, saya tahu. Partai-partai seperti apa saya tahu, ingin menuju ke mana saya juga ngerti," kata Jokowi.

"Jadi informasi yang saya terima komplet. Dari intelijen saya ada BIN, dari intelijen di Polri ada, dari intelijen di TNI saya punya, dan informasi-informasi di luar itu," tambah Jokowi.

Jokowi juga membeberkan informasi yang dikantongi dari intelijen lengkap mulai dari angka, hingga survei.

"Saya pegang semua itu dan hanya milik presiden karena langsung, langsung ke saya," katanya.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • PKB