Sukses

BTS Tersandung Dugaan Manipulasi Grafik, Badan Konten Korea Bakal Investigasi HYBE

Kementerian Kebudayaan Korea Selatan akan memimpin penyelidikan dugaan manipulasi grafik BTS yang menyeret manajemen HYBE.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Konten Kreatif Korea (KCCA) mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima keluhan resmi tentang dugaan Sajaegi (manipulasi grafik) BTS pada 21 Mei 2024. KCCA yang berada di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, telah mengungkap pengaduan pertama kali ditujukan kepada lembaganya.

Mengutip laman Koreaboo, Rabu (21/5/2024), laporan namun telah dilimpahkan ke KCCA. Disebutkan bahwa lembaga tersebut akan menghubungi HYBE untuk menyelidiki klaim tersebut.

Warganet langsung bereaksi terhadap berita tersebut dan banyak yang menyatakan kurang percaya pada penyelidikan. Mereka merasa bahwa kementerian tidak akan menyelidiki klaim tersebut sebaik yang seharusnya.

Namun warganet lain juga menunjukkan fakta bahwa BTS dinyatakan tidak bersalah pada 2017 ketika mereka diselidiki atas tuduhan yang sama. "Jika Kementerian Kebudayaan menyelidiki mereka, tentu saja akan menghasilkan putusan yang tidak bersalah. Mereka tidak dapat menemukan bukti sajaegi sebelumnya," seorang warganet tampak membela BTS.

"Tidak akan membuat harapanku terlalu tinggi," yang lain menimpali.

"Kenapa mereka hanya menyelidiki BTS. Mereka harus menyelidiki penyanyi lain untuk melihat apakah mereka mampu (menemukan bukti adanya manipulasi chart)," seloroh warganet.

"Mereka bukan lembaga investigasi, jadi penyelidikan ini tidak ada gunanya," seru yang lain.

Warganet juga penasaran apa yang bakal didapat setelah investigasi, "Mereka bilang Kementerian Kebudayaan merekomendasikan agar BTS dicabut penghargaannya. Mari kita lihat apakah mereka menindaklanjutinya."

"Apakah Kementerian Kebudayaan berada di atas lembaga investigasi? Apakah ini komedi sialan? Tertawa terbahak-bahak," kata warganet bertanya-tanya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Minta Investigasi Seluruh Grup Warganet HYBE

Sebelumnya, warganet sempat menyerukan investigasi terhadap semua grup HYBE, setelah tuduhan manipulasi grafik yang meledak. Isu ini pertama kali terkuak sejak hari pertama persidangan antara HYBE dan Min Hee Jin ADOR, di mana terdapat membuat tuduhan yang mengejutkan.

Min Hee Jin mengklaim bahwa dia telah menolak saran HYBE untuk membeli album NewJeans secara massal, sehingga memicu konflik di antara mereka. Dia menyebutkan metode manipulasi grafik baru yang telah digunakan HYBE secara alamia.

Menyebutnya "pembelian di muka", HYBE diduga akan membeli album dalam jumlah besar dari pengecer untuk membantu meningkatkan angka penjualan minggu pertama. Mereka kemudian akan mengembalikan uang tersebut ke pengecer tetapi membuat kesepakatan untuk tanda penggemar dengan pengecer, sehingga stoknya habis.

Hal ini karena fan sign adalah metode untuk menjual banyak album. Namun ini biasanya hanya dilakukan di akhir siklus promosi, sehingga tidak ada gunanya mendongkrak angka penjualan di minggu pertama. Angka penjualan minggu pertama penting dalam citra artis sebagai grup populer. 

3 dari 4 halaman

Lagu BTS di Perfilman Global

Mengutip dari Tim Citizen Liputan6.com, 20 Mei 2024, BTS merupakan salah satu grup pencetus yang melambungkan nama KPop ke industri musik global. Oleh karena itu, mereka pun dikenal dengan julukan ‘King of KPop’.

Grup yang beranggotakan tujuh orang ini telah berhasil menghipnotis jutaan orang di dunia dengan lagu-lagu mereka yang ikonik, seperti “Dynamite”, “Spring Day”, “Butter”, dan masih banyak lagi. Kesuksesan inimembuat BTS acap kali menjadi nominasi dalam sejumlah ajang penghargaan musik besar dan bergengsi seperti Grammy Awards, American Music Award, dan Billboard Music Awards.

Tidak hanya itu, karya-karya dari grup yang debut pada 2013 ini juga tidak jarang ditemukan dalam berbagai proyek perfilman global, seperti film dan serial internasional. Berikut di antaranya:

1. Bridgerton Season 3

Bridgerton Season 3 telah tayang secara perdana pada 16 Mei lalu dan dengan cepat menarik perhatian penggemar BTS. Hal tersebut terjadi tatkala lagu ikonik mereka yang berjudul "Dynamite" dibuat versi orkestra dan dijadikan latar belakang dari salah satu adegan. "Dynamite" merupakan lagu yang terdapat dalam album BTS BE. Lagu ini juga menjadi nominasi Grammy pertama grup yang debut pada 2013 ini. 

 

 

4 dari 4 halaman

2. Emily in Paris

Tak hanya di Bridgerton Season 3, “Dynamite” sudah lebih dulu muncul pada serial Emily in Paris. Drama yang dibintangi oleh Lilly Collins ini berfokus pada pada kehidupan tokoh utamanya, yaitu Emily. Emily baru saja pindah ke Paris untuk berjuang mewujudkan pekerjaan yang diimpikannya.

3. Euphoria

Euphoria merupakan serial terkenal yang juga tidak kalah dalam menampilkan musik BTS. Mereka juga menampilkan lagu BTS yang berjudul sama dengan seri ini, “Euphoria” oleh Jongkook. 

“Euphoria” dirilis pada 2018 dan menjadi single yang dinyanyikan oleh Jongkook untuk album BTS bertajuk Love Yourself: Answer. Hingga pertengahan Mei 2024, video musik dari lagu ini sudah ditonton 114 juta kali di YouTube.

4. Eternals

"Eternals" merupakan film besutan Marvel yang menampilkan para pahlawan super. Film yang dirilis pada 2021 ini juga ikut menampilkan musik BTS dalam karyanya. Mereka menggunakan lagu V dan Jimin yang berjudul “Friends”. Selain itu, film ini turut dibintangi oleh aktor asal Korea Selatan, Ma Dong Seok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.