Sukses

Kata Cak Imin soal Pemilih PKB yang Tak Mendukung Anies-Cak Imin

Dia meminta agar publik melihat bagaiman proses yang akan dijalani Cak Imin dengan Anies. Dia yakin, akan mendapatkan kemenangan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan hasil survei yang mengatakan pemilih PKB tak mendukung pasangan Anies Baswedan-Cak Imin justru akan menjadi motivasi untuk merebut hati rakyat.

"Itu saya tidak perlu nanggapi, survei macem-macem ya. Silahkan proses kita lihat," kata Cak Imin, saat diwawancarai di Soreang, Bandung, Jumat, (15/9/2023).

Dia menyebut, hasil dari berbagai survei akan dijadikannya sebagai motivasi dalam merebut hati rakyat.

"Jadikan survei jadi motivasi, survei jadikan dorongan untuk bekerja, untuk merebut hati rakyat," imbuh dia.

Dia meminta agar publik melihat bagaiman proses yang akan dijalani Cak Imin dengan Anies. Dia yakin, akan mendapatkan kemenangan.Sebelumnya, Pendiri SMRC Saiful Mujani menjelaskan, rendahnya pemilih PKB memilih pasangan Anies-Cak Imin. Dia menyebut, kecenderungan pemilih PKB memang ke Ganjar Pranowo ata Prabowo Subianto.

Maka temuan ini menunjukkan pemilih PKB membutuhkan waktu untuk mendukung pasangan Anies-Cak Imin.

"Sebelumnya, kecenderungan pemilih PKB memang memilih Ganjar dan Prabowo, tidak ke Anies. Ini tantangan untuk PKB dan tim Amin untuk menarik dan meyakinkan pemilih PKB sendiri," kata Saiful dalam keterangannya, Kamis (14/9).

Di sisi lain, Cak Imin menjadi calon wakil presiden diharapkan bukan hanya membawa gerbong PKB. Tetapi juga NU secara luas.

"Jika NU cukup banyak yang mendukung pasangan ini, harapannya adalah meraka akan mendapatkan suara yang cukup besar," papar Saiful.

Secara keseluruhan, Saiful menyimpulkan bahwa pasangan Anies-Muhaimin, walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cak Imin Siap Sambangi PKS, Berharap Diterima Jadi Cawapres Anies Baswedan

Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan hadir dalam acara penyampaian hasil Musyawarah IX Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Cak Imin berharap dapat diterima menjadi pasangan bakal capres Anies Baswedan.

"Akan hadir sore nanti memberikan berbagai pemikiran, mungkin supaya menjadi pertimbangan moga-moga PKS mau menerima saya," tutur Cak Imin di Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023).

Dia mengaku tidak mengetahui apakah Anies Baswedan akan turut hadir dalam agenda tersebut. Adapun soal pembahasan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku akan menyampaikan pemikirannya seputar perbaikan bagi bangsa dan negara.

"Pemikirannya banyak, ini untuk bangsa dan negara. Pasangan AMIN ini Insyallah siap menjadi kekuatan yang memperbaiki masa depan bangsa Indonesia, itu kita sampaikan," jelas dia.

Adapun hasil Musyawarah IX Majelis Syura PKS akan disampaikan lewat konferensi pers di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, pada pukul 18.30 WIB. Kegiatan itu rencananya akan dihadiri oleh jajaran pimpinan PKS, partai koalisi, serta bacapres-cawapres yang diusung.

"Kita juga akan sampaikan kepada PKS bahwa kerja sama dari berbagai kekuatan, ada Nasdem, ada PKB, ada PKS, nanti akan memperkaya kebhinekaan di koalisi ini," Cak Imin menandaskan.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.