Sukses

Anies Terima Tantangan Debat Terbuka BEM UI, Sudirman Said: Sudah Jadi Keseharian

Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan Sudirman Said mengatakan, Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan menerima tantangan debat yang digelar BEM UI.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan Sudirman Said mengatakan, Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan menerima tantangan debat. Dia menyebut, debat sudah menjadi keseharian Anies sebagai akademisi.

"Anies Baswedan karena memang orangnya spontan dan mengapa spontan dalam urusan debat mendebat, ya memang kesehariannya kan aslinya seorang akademisi, seorang intelektual yang terbiasa diskursus," ujar Sudirman Said dalam diskusi, Minggu (27/8/2023).

Saat menjadi gubernur, Anies juga banyak menghadapi debat dengan orang yang kontra terhadapnya. Sehingga respons Anies terhadap tantangan debat dari BEM UI bukanlah sebuah gimmick.

"Jadi bukan gimmick gitu, kesungguhan dari Pak Anies untuk merespons ajakan generasi muda," ujar Sudirman.

Tantangan debat itu perlu diapresiasi karena pilpres ini hanya bicara angka elektabilitas saja. Seharusnya calon pemimpin bisa diuji gagasannya.

"Padahal sebetulnya kan menjadi presiden itu kan artinya dia akan memimpin pemerintahan, memimpin negara, memilih anggota kabinet, memilih para menteri nyusun program menyusun anggaran dan memakmurkan seluruh negeri," jelas Sudirman.

"Nah kalau kemudian ukuran bisa maju tidak hanya oleh angka tetapi tidak diuji oleh pikiran-pikirannya itu, negara ini mau ke mana gitu," tegas dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BEM UI Akan Gelar Debat Terbuka Capres Ganjar, Prabowo, dan Anies pada 14 September 2023

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) berencana menggelar debat terbuka bagi bakal capres Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan pada 14 September 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua BEM ,UI Melki Sedek Huang lewat story di akun Instagramnya, @melkisedekhuang pada Rabu (23/8/20203).

"Sampai jumpa di UI 14 September nanti!" tulis Melki di akun Instagramnya, dikutip Rabu (23/8/2023).

Melki menambahkan, BEM UI juga akan mengirimkan undangan resmi kepada masing-masing bakal capres, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

"Undangan resmi akan kami kirimkan ke masing-masing alamat mulai besok!" tambah Melki.

Sebelumnya, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengumumkan tantangan debat terbuka bagi bakal calon presiden 2024. Ada tiga nama yang digadang-gadang maju sebagai bakal capres, mereka adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Melki berpendapat, kampanye yang dilakukan saat ini sudah sangat membosankan. Menurutnya, generasi muda sudah bosan melihat banyak kampanye minim substansi dan lip service semata.

"Silakan Datang ke UI Jika Berani! Jika melihat Putusan MK yang tengah diperbincangkan tersebut, tak ada satu pun frasa dalamnya yang menyebutkan memperbolehkan kampanye di kampus, melainkan disebutkan bahwa institusi pendidikan diperbolehkan untuk mengundang para calon dengan tidak membawa atribut dan alat peraga," kata Melki dikutip dari merdeka.com, Selasa (22/8/2023).

"Apalagi jika ditambah dengan permainan identitas dan pencitraan yang tak perlu," ucap Melki.

BEM UI, kata Melki, siap menyampaikan aspirasi dan berdebat dengan pada bakal capres. Melki mengaku, tidak mau masa depan bangsa digantungkan pada calon pemimpin yang hanya berfokus pada kampanye, pencitraan, dan lip service.

"Kami butuh pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat banyak," tutupnya.

 

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini