Sukses

Perang Tagar Prabowo, Ganjar dan Anies di Medsos, Siapa Unggul?

Senopati Syndicate mengeluarkan hasil survei terbaru terkait dengan tagar atau hastag tiga bakal calon presiden (bacapres). Ketiganya yakni, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta Senopati Syndicate mengeluarkan hasil survei terbaru terkait dengan tagar atau hastag tiga bakal calon presiden (bacapres). Ketiganya yakni, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.

Pemantauan yang dilakukan sejak 15 Agustus 2024 lalu itu Prabowo lebih unggul dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

"Tagar atau hastag adalah simbol, pengelompokan, atau kata kunci yang diletakkan di awal kata atau frasa yang diketikkan pada status-status jejaring sosial media yang bertujuan untuk mempermudah pencarian isu-isu tertentu. Juga digunakan sebagai reaksi gerakan sosial melawan ketidakadilan atau kezaliman. Tagar juga digunakan untuk sentimen positif atau negatif," tulis dalam rilis Senopati Syndicate yang diterima, Kamis (24/8/2023).

Beberapa tagar yang digunakan untuk tiga bacapres itu dibagi menjadi tiga kategori. Dari kategori itu, tagar #prabowo, #prabowosubijanto memperoleh total tagar 1.648.494.

Selanjutnya, tagar #ganjarpranowo, #ganjar, #ganjar_pranowo memperoleh total tagar 1.444.418. Lalu, untuk tagar #aniesbaswedan, #anies memperoleh total tagar 1.398.646.

Kemudian, untuk tagar #prabowopresiden, #prabowopresidenku, #prabowopresidenri juga unggul dari 2 balon lainnya. Prabowo memperoleh 145.297.

Berikutnya, tagar #ganjarforpresiden2024, #ganjarpresiden2024 memperoleh 79.637. Sedangkan, untuk kategori tagar relawan dari masing-masing capres, tagar #relawan ganjar unggul dari Prabowo dan Anies Baswedan.

Untuk tagar #relawanprabowo, #relawanprabowosubianto, #relawanprabowojateng memperoleh 1.799. Dan untuk tagar #relawanganjar, #relawanganjarpranowo memperoleh 56.905 serta tagar #relawananies hanya memperoleh 17.259.

"Jumlah tagar menjadi salah satu indikator kekuatan bagi masing-masing balon presiden yang akan berkontestasi pada pemilu 2024," katanya.

Dalam kesimpulannya, jumlah tagar menjadi salah satu indikator kekuatan bagi masing-masing capres yang akan berkontestasi pada pemilu 2024.

Lalu, Prabowo Subijanto unggul dalam tagar Prabowo sebagai presiden, hal ini menunjukkan kekuatan konsistensi dukungan dari publik yang menjadi modal kuat bahwa Prabowo masih layak dicalonkan sebagai presiden.

Kemudian, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan unggul dalam tagar relawan mengalahkan jauh dari Prabowo. Tagar Relawan Ganjar unggul di posisi teratas, yang kemungkinan menduplikasi strategi kemenangan Jokowi sebagai presiden.

"Peluang Prabowo dalam pemilu 2024 berada pada orang yang menjadi eksekutor langsung ketimbang Ganjar dan Anies yang masih harus berkonsultasi dengan partai pengusungnya. Ini membuka peluang bagi pergerakan penambahan relawan-relawan pengusung Prabowo yang bisa berhubungan dengan Prabowo langsung," tulisnya.

Dalam rilisnya disebut relawan adalah faktor penentu bagi kemenangan capres yang ke depan akan menjadi arena perebutan bagi tiga bakal capres saat ini. Akan tetapi, peluang Prabowo dalam menggalang relawan akan melaju pesat.

Sebab, Prabowo tidak menghadapi kendala dengan partai pengusung di mana dia sendiri yang memimpin partai dibanding Ganjar dan Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Tagar Prabowo, Ganjar dan Anies

Berikut tiga kategori tagar hasil pemantauan Senopati Syndicate pada 15 Agustus 2023:

1. #prabowo, #prabowosubijanto, #ganjarpranowo, #ganjar, #ganjar_pranowo, #aniesbaswedan, #anies.

2. #prabowopresiden, #prabowopresidenku, #prabowopresidenri, #ganjarforpresiden2024, #ganjarpresiden2024, #aniespresiden2024, #aniesforpresiden2024.

3. #relawanprabowo, #relawanprabowosubianto, #relawanprabowojateng, #relawanganjar, #relawanganjarpranowo, #relawananies.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.