Sukses

Mantan Wakil Ketua Komnas HAM Munafrizal Manan Resmi Jadi Jubir Gerindra, Diharap Bisa Lengkapi yang Ada

Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Gerindra telah resmi mengangkat mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Munafrizal sebagai Juru Bicara (Jubir) Bidang HAM dan Konstitusi partai pimpinan Prabowo Subianto itu.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Gerindra telah resmi mengangkat mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Munafrizal Manan sebagai Juru Bicara (Jubir) Bidang HAM dan Konstitusi partai pimpinan Prabowo Subianto itu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Harian DPP yang juga merupakan Ketua Bappilu Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Bappilu Gerindra mengangkat mantan komisioner Komnas HAM periode lalu Munafrizal sebagai Juru Bicara bidang HAM dan Konstitusi," ujar Dasco melalui keterangan tertulis, Selasa (30/5/2023).

Dasco meyakini pengangkatan Munafrizal sebagai Jubir Bidang HAM dan Konstitusi Gerindra sudah tepat. Alasannya, kata dia, Munafrizal memiliki pengalaman sebagai peneliti HAM dan lama bekerja di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Beliau juga sebagai aktivis 98, dan juga peneliti HAM tentu paham semua aspek soal Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Pemajuan dan Penegakan HAM di Indonesia," ucap Dasco yang juga sebagai Wakil Ketua DPR RI tersebut.

"Selain itu Munafrizal juga lama bekerja di Mahkamah Konstitusi , Tesis beliau di Melbourne University juga terkat HAM dan Konstitusi," sambung dia.

Dasco berharap, bergabungnya Munafrizal sebagai juru bicara dapat melengkapi juru bicara yang sudah terbentuk.

"Tentu dapat melengkapi juru bicara saat ini," jelas Dasco.

Sebelumnya, Bappilu Gerindra telah mengangkat sejumlah jubir dari kalangan kelompok muda, yakni Ryzkyfirmansyah, Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono, dan tenaga ahli Fraksi Gerindra Dinnar Ajeng Ravianti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendaftaran Bakal Capres dan Cawapres

Untuk diketahui, pendaftaran bakal capres dan cawapres dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023, dikutip dari Antara.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan capres dan cawapres diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen, sehingga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI.

Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

 

3 dari 4 halaman

Gerindra Galang Dukungan Anak Muda untuk Prabowo Capres 2024 dengan Turnamen Bola di Ponorogo

Sebelumnya, Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto punya cara dan strategi sendiri menggaet pemilih di Ponorogo. Salah satunya dengan menggelar turnamen sepak bola Prabowo Cup di Lapangan Desa Josari, Kecamatan Jetis, Ponorogo.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Kharisma Febriansah menambahkan dipilihnya sepak bola karena selain olahraga yang banyak peminatnya juga untuk menggaet suara untuk pemilu 2024 mendatang.

"Ini bentuk keinginan Pak Prabowo ingin menjadikan bangsa yang kuat dan disegani," tandas Kharisma, ditulis Senin 29 Mei 2023.

Kharisma menerangkan dengan adanya pertandingan sepak bola bisa menjaring SDM di bidang olahraga. Sebab, olahraga bisa memadukan pikiran, jasmani dan rohani.

"Olahraga adalah tempat dimana perpaduan olah pikir dan jasmani, kombinasi yang tepat," ungkap Kharisma.

Disinggung soal target suara, Kharisma yakin Prabowo bisa meraih suara 65 persen di Jatim di Pilpres 2024 mendatang.

"Dan dewan RI bisa tembus 16 kursi , dewan provinsi bisa tembus 26 kursi, dan Ponorogo kalau bisa membawa satu perahu penuh," pungkas Kharisma.

 

4 dari 4 halaman

Euforia Timnas U22

Sementara itu, anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Suprianto menambahkan, tidak hanya sepak bola, tapi juga ada acara kesenian khas Ponorogo mulai gajah-gajahan, Reog hingga jaran tik.

Ratusan masyarakat pun tumplek blek memadati lokasi. Acara dibuka dengan pertandingan sepak bola antar sekolah dengan peserta anak-anak siswa SD.

"Pak Prabowo sebagai ketua umum kami beliau, memang sangat menyukai dengan turnamen sepak bola," tuturnya.

Suprianto mengungkapkan instruksi partai Gerindra menyelenggarakan event olahraga. Dipilih sepak bola karena masih terasa euforia Timnas U22 yang keluar sebagai juara di SEA Games 2023.

"Juga ini bisa untuk menjaring bibit muda dalam sepak bola dari desa, agar negara bisa maju dimulai dari desa, kabupaten dan provinsi yang maju," terang Suprianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.