Sukses

Jokowi - Ma'ruf Unggul di 5 Daerah Kepulauan Riau

Jokowi-Ma'ruf unggul di Kota Tanjungpinang, Karimun, Bintan, Lingga dan Kepulauan Anambas.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di Mega Ballroom Hotel CK, Tanjungpinang, Kamis (9/5/2019). Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul di lima daerah di provinsi tersebut.

Rapat pleno dibuka Ketua KPU Kepri, Sriwati didampingi para komisioner. Turut hadir Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakil Gubernur Kepri, Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto, Danrem 033 Wira Pratama, Danlantamal IV Tanjungpinang, Kajati Kepri, Danlanud RHF, Bawaslu Kepri, dan para saksi.

"Saat ini kita baru menerima rekapituasi dari 6 kabupaten kota se Kepri, Minus kota Batam karena hingga saat ini masih dilakukan rekapitulasi," ujar Sriwati dalam keterangan tertulisnya.

Meski begitu, rekapitulasi tetap ditargetkan selesai pada Jumat (10/5/2019).

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengapresiasi pelaksanaan rapat pleno terbuka berlangsung aman, jujur, adil, transparan dan demokratis.

“Masyarakat Kepri semakin dewasa, partisipasi pemilih cukup tinggi, sehingga pemilu berjalan aman. Kami ucapkan terima kasih kepada TNI-Polri bersama rakyat kuat, hingga situasi di Kepulauan Riau kondusif,” tuturnya.  

Tokoh masyarakat dan adat Kepri Abdul Razak menyampaikan, terima kasih kepada TNI-Polri yang maksimal menjaga Pemilu 2019 sehingga situasi pesta demokrasi itu kondusif.

"Pemilu di Kepri berjalan jujur, bersih, adil dan demokratis, bila ada permasalahan selesaikan dengan mekanisme dan hukum yang berlaku," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah Kemenangan Jokowi

Berdasarkan rapat pleno, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di lima kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri. Dari hasil pleno tersebut, Jokowi-Ma'ruf unggul di Kota Tanjungpinang, Karimun, Bintan, Lingga dan Kepulauan Anambas.

Adapun perolehan suara masing-masing paslon yakni, untuk Kota Tanjungpinang paslon 01 memperoleh 63.099 suara, sementara paslon 02 sebanyak 53.437 suara. Kabupaten Bintan paslon 01 memperoleh 50.947 suara dan paslon 02 37.087 suara.

Kemudian di Kabupaten Kepulauan Anambas paslon 01 memperoleh 17.240 dan 02 8.867 suara. Di Kabupaten Karimun paslon 01 memperoleh 70.783 dan 02 sebanyak 59.884 suara. Sementara untuk Lingga, Jokowi-Ma'ruf meraih kemenangan terbesar dengan prosentase 67%.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.