Sukses

Tanggapan Anies - Sandi soal Tudingan Jiplak Lagu Yahudi

Lagu Ayo Kobarkan Semangat Jakarta Anies - Sandi sedang ramai diperbincangkan warganet atau netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi lagu Ayo Kobarkan Semangat Jakarta Anies - Sandi, yang dituding menjiplak lagu Yahudi yang dinyanyikan band Israel, Gad Gaston Elbaz, yang berjudul Hashem Melech. Anies menyatakan perkara itu sudah dijelaskan di situs resminya, jakartamajubersama.com.

"Kami nggak mau pusing urusan kecil-kecil. Menarik aja, makin hari makin (aneh). Memang nggak ada pekerjaan lain ya gitu? Kalau kami mau fokus soal kampanye aja," ucap Anies saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2017).

Senada dengan Anies, Sandiaga Uno yang menjadi pasangan Anies di Pilkada DKI, menyatakan hal tersebut bisa dilihat di fitnahlagi.com.

Website tersebut khusus dibuat Tim Anies - Sandi untuk memberikan penjelasan dan klarifikasi terkait kabar-kabar fitnah, yang menyerang pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut tiga tersebut.

"Lagu itu dari teman-teman yang dimodifikasi dan sudah dimasukkan ke fitnahlagi.com. Silakan cek dengan referensi fitnahlagi.com. Di situ bisa kita luruskan," ujar Sandiaga.

Lagu Ayo Kobarkan Semangat Jakarta Anies - Sandi sedang ramai diperbincangkan warganet atau netizen. Lagu kampanye pasangan cagub dan cawagub nomor urut tiga tersebut dituduh menjiplak lagu Yahudi.

Namun, tim Anies Baswedan - Sandiaga Uno melalui situs resmi jakartamajubersama.com membantah menjiplak lagu band Israel Gad Gaston Elbaz yang berjudul Hashem Melech. Mereka menyatakan tudingan itu fitnah.

"Tuduhan atau fitnah kembali datang untuk pasangan Anies - Sandi, lagu Ayo Kobarkan Semangat Jakarta Anies-Sandi dituduh jiplak lagu Yahudi," demikian bantahan tim Anies-Sandiaga yang dikutip Liputan6.com, Jumat (7/4/2017).

Tim Anies - Sandi menyatakan, lagu Ayo Kobarkan Semangat Jakarta Anies-Sandi berasal dari Kobarkan Semangat Indonesia yang selalu dibawakan Sekjen PKS 2013-2016 Taufiq Ridho dan Shoutul Harokah saat menjelang kampanye Pemilihan Legislatif 2014.

"Tidak mungkin lagu Kobarkan Semangat Indonesia menjiplak lagu band Israel karena lagu Kobarkan Semangat Indonesia diterbitkan lebih dulu yaitu pada April 2014, sedangkan lagu band Israel baru diterbitkan Januari 2016," demikian bantahan tim Anies - Sandiaga.

Sedangkan lagu berjudul Hashem Melech tersebut bila diartikan yaitu Tuhan adalah Raja. Lagu tersebut berisi puji-pujian umat Yahudi untuk Tuhannya. Dalam video berbagi Youtube, video yang diunggah pada 27 Januari 2013 tersebut ditonton sekitar empat juta kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.