Sukses

PAN Berpaling dari Rano, Beralih Dukung 'Putra Mahkota Atut'

PAN sempat menyodorkan daftar nama calon wakil gubernur (cawagub) Banten kepada Rano Karno.

Liputan6.com, Banten - Koalisi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub dan cawagub) Pilkada Banten 2017, Wahidin Halim-Andika Hazrumy mendapatkan amunisi baru. Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan dukungannya untuk pasangan 'Putra Mahkota Atut' tersebut.

"Kita sudah putuskan untuk bergabung mendukung pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy. Ini sudah kita putuskan setelah bertemu dengan DPD Golkar. Insya Allah kita deklarasikan tanggal 2 September 2016," kata Ketua DPW PAN Banten, Masrori, Kamis (25/08/2016).

Padahal sebelumnya, PAN sempat menyodorkan daftar nama calon wakil gubernur (cawagub) Banten kepada Rano Karno. sebagai bentuk dukungannya kepada calon incumbent tersebut.

"Kita serahkan beberapa nama, seperti Jaman, Andhika, Ahmad Taufik Nuriman, Eden, dan Dimyati. Kalau Mulyadi Jayabaya sudah mengundurkan diri," kata Ketua DPW PAN Banten Masrori usai bertemu Rano Karno di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Serang, Jumat 5 Agustus 2016.

Namun, Masrori menegaskan penyerahan daftar nama itu hanya sebagai bentuk silaturahmi politik yang biasa dilakukan sebelum koalisi dilakukan. "Kita silaturahmi biasa. Kalau mengenai mengusung wakil dan sebagainya itu masih terlalu pagi, namun koalisi itu memungkinkan," kata dia.

Kedatangan partai berlambang matahari itu pun diharapkan mampu menyukseskan pencalonan Rano Karno di Pilkada Banten 2017. "Saya berharap PAN dapat membantu saya. Sama ketika saya berharap PPP dapat membantu saya. Kepada PAN juga seperti itu, semoga ini akan menjadi koalisi yang baik untuk membangun Banten," kata Rano Karno di tempat yang sama.

Masuknya PAN ke dalam koalisi WH-Andhika, menambah daftar parpol yang merapat ke pasangan yang merepresentasikan kaum muda dan kaum tua. Parpol yang sebelumnya mendukung WH-Andhika adalah Partai Golkar, Demokrat, Hanura, dan PKS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.