Sukses

KPU Pastikan Pilkada Serentak Siap Digelar

Proses pilkada serentak yang perdana digelar di Indonesia ini akan dipantau oleh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) di 269 daerah sudah rampung. Seluruh logistik untuk proses pencoblosan berada di tempat pemungutan suara (TPS).

"Semua alat kelengkapannya TPS, sudah didistribusikan dari KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) kecamantan ke TPS-TPS yang ada," kata komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

"Jadi, semuanya sudah tiba di TPS hari ini," imbuh dia.

Ferry menjelaskan, jajarannya juga sudah mempersiapkan dengan baik bagi daerah yang hanya memiliki calon tunggal. Di daerah itu akan disiapkan kolom setuju atau tidak setuju.

"Jadi, prosesnya tetap mencoblos. Bukan dicontreng," terang Ferry.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan, proses pilkada serentak yang perdana digelar di Indonesia ini akan dipantau oleh dunia. Para pesertanya tergabung dalam Election Visit Program for Head of Regional Election 2015‎.

Besok, mereka akan memantau penyelenggaran di Pilkada Tangerang Selatan.

"Besok dilakukan kunjungan ke tempat pemungutan suara yang lokasinya telah kami jadwalkan di Tangerang Selatan," kata Husni di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini