Sukses

Tips Jaga Puasa dan Konsentrasi Berkendara Selama Perjalanan Mudik

Kondisi fisik dan mental prima diperlukan untuk mengerahkan konsentrasi penuh saat berkendara melintasi padatnya arus mudik sambil berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Menghentikan aktivitas makan dan minum di siang hari selama berpuasa di bulan Ramadan mengurangi asupan nutrisi tubuh yang dapat menyebabkan penurunan tingkat energi saat melakukan aktivitas sehari-hari, jika tidak diatur dengan baik.

Bagi para pengemudi yang tetap beraktivitas rutin dari dalam kabin mobil, kewaspadaan tak boleh goyah. Konsentrasi dan responsifitas tubuh menerjang tiap kilometer di jalanan tetap dibutuhkan sembari menjalankan ibadah puasa.

Tantangan semakin nyata saat menempuh jarak yang jauh seperti saat melakukan perjalanan mudik Lebaran. Jangan sampai hilang fokus karena lapar menjadi alasan yang mengancam keselamatan diri dan keluarga.

Menjawab kondisi tersebut, Auto2000 berbagi tips mengemudi supaya ibadah puasa tetap terjaga selama mengoperasikan roda setir:

Perhatikan asupan makan: kurangi gula saat sahur, konsumsi saat berbuka

Puasa dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi di siang hari jika tidak memperhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur. Untuk menghindari dehidrasi, disarankan memperbanyak konsumsi air putih saat sahur.

Selain itu, penting juga untuk memilih makanan yang mengandung banyak serat dan protein saat sahur. Kandungan ini memberikan efek kenyang yang lebih tahan lama sebagai pemasok energi yang cukup hingga waktu berbuka tiba.

Sebaiknya hindari makanan dengan kadar gula tinggi, karena gula cenderung diserap tubuh dengan cepat. Ini akan membuat energi tak lagi tersisa di dalam tubuh ketika siang hari.

Ketika waktu berbuka tiba, disarankan untuk mengonsumsi minuman dan makanan manis guna memenuhi kebutuhan gula tubuh supaya tubuh kembali bugar. Namun, tetap penting untuk memahami batasan diri agar tidak mengonsumsi gula secara berlebihan yang dapat mengakibatkan rasa kantuk.

Lebih baik hindari berbuka sambil menyetir. Jika memang terpaksa, makan dan minumlah secukupnya untuk membatalkan puasa, dan kemudian berhenti untuk melanjutkan makanan ketika sudah aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kendalikan emosi saat mengemudi

Rasa lapar seringkali memicu emosi yang tidak terkendali. Emosi yang meningkat dapat mengakibatkan peningkatan pembakaran kalori sehingga tubuh menjadi cepat lelah.

Oleh karena itu, menjaga kontrol emosi saat mengemudi dalam keadaan berpuasa sangatlah penting. Penting untuk tidak melanggar aturan lalu lintas, karena hal ini dapat meningkatkan tingkat emosi.

Jika ada pengemudi lain yang memancing amarah, tetaplah tenang dan kendalikan napas hingga merasa lebih tenang. Emosi tinggi mudah memancing kesalahan kecil yang dapat berujung fatal, seperti menyenggol mobil lain yang tidak terlibat dalam masalah.

Istirahat di siang hari

Kesadaran akan batasan tingkat kelelahan tubuh saat mengemudi sangat penting, karena sedikit kelengahan akibat mengantuk dapat berakibat fatal. Ketika mengantuk, segera cari tempat umum seperti pom bensin, masjid, atau area lainnya untuk istirahat.

Manfaatkanlah waktu siang untuk beristirahat walau hanya sekadar mengambil tidur untuk 30 menit.

Di malam hari, pastikan untuk tidak mengurangi waktu tidur alami agar kelelahan tidak mengganggu kewaspadaan esok hari. Apalagi waktu tidur malam sudah terpotong aktivitas sahur.

 

3 dari 5 halaman

Atur waktu berkendara

Pagi hari adalah waktu di mana tubuh masih terasa segar dan bugar. Perjalanan bisa disegerakan karena pada pagi hari jalanan umumnya masih lengang. Hindari mengemudi di tengah hari saat cuaca terik. Penting untuk gunakan kacamata hitam demi mencegah kelelahan mata.

Saat menjelang waktu berbuka puasa, jalanan cenderung lebih ramai. Pada saat yang sama, tingkat kebugaran tubuh biasanya sudah menurun. Untuk menghindari kemacetan, atur waktu perjalanan dan pilih rute yang tidak melalui daerah rawan macet.

Jangan lupa jaga kebugaran mobil

Masalah sepele seperti AC tidak dingin atau terdengar bunyi aneh dari kolong mobil juga dapat mengganggu kontrol emosi saat berkendara. Masalah tersebut juga dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah dan kurang fokus saat berkendara.

Servis berkala di bengkel Auto2000 memastikan mobil dalam kondisi prima dan terhindar dari masalah yang merepotkan. Jelang Lebaran, permintaan layanan di bengkel Auto2000 cenderung meningkat, oleh karena itu pemesanan servis berkala segera melalui website Auto2000.co.id lebih disarankan.

Selain mudah dan lebih praktis dalam mendapatkan antrean, pemesanan lewat website juga menawarkan berbagai promo menarik.

4 dari 5 halaman

Servis Toyota di Auto2000 bisa dapat motor matic

Urusan Toyota lebih mudah dengan Promo PILIH AUTO2000 yang disediakan oleh Auto2000. Promo ini berlaku untuk setiap servis berkala hingga 31 Juni 2024, baik di bengkel Auto2000 maupun dengan layanan THS Auto2000 Home Service.

Promo ini juga mencakup setiap perbaikan bodi kendaraan senilai minimal Rp 3 juta di fasilitas Body & Paint (BP) Auto2000 (tidak berlaku untuk pelanggan pelat merah dan kuning).

Pelanggan akan berkesempatan untuk memenangkan salah satu dari 200 unit hadiah Honda Beat CBS. Namun, syarat dan ketentuan berlaku. Untuk informasi lebih lengkap, dapat menghubungi Service Advisor di bengkel Auto2000 terdekat.

5 dari 5 halaman

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.