Sukses

Hyundai Pastikan Produksi Baterai di Karawang Mulai April 2024

Kementerian Investasi/Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan produksi massal baterai kendaraan listrik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Investasi/Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan produksi massal baterai kendaraan listrik di Indonesia, akan dilakukan pada April 2024. Perakitan baterai untuk kendaraan ramah lingkungan ini akan dilakukan di Karawang, Jawa Barat.

Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa menjelaskan, produksi massal baterai kendaraan listrik ini adalah bukti nyata dari kebijakan hilirisasi.

"Hilirisasi adalah cara untuk menciptakan nilai tambah dari kekayaan alam yang melimpah di Indonesia, salah satunya adalah nikel," ujar Tina Talisa dikutip dari Antara, Senin (11/3/2024).

Sementara itu, untuk produksi massal baterai kendaraan listrik ini, dilakukan oleh PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berbasis di Karawang, Jawa Barat.

Tina juga menilai, momentum ini tidak hanya menandai Indonesia sebagai negara produsen sel baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara, namun juga mengukuhkan komitmen pemerintah untuk mendukung proyek pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik nasional.

Selain itu, produksi sel baterai kendaraan listrik secara masif akan membuat Indonesia menjadi negara pertama produsen sel baterai kendaraan listrik di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi terbaru dari LG.

Secara langsung hal itu juga akan berdampak pada tenaga kerja muda Indonesia yang diserap untuk menjadi pekerja profesional pertama di Asia Tenggara, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cara keluar dari middle income trap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hyundai dan Kia Produksi 3,6 Juta Unit Mobil di Luar Korea Selatan

Hyundai dan Kia berhasil memproduksi sebanyak 3,67 juta unit di luar Korea Selatan pada 2023. Jumlah tersebut, menjadi yang terbesar yang diproduksi dua perusahaan kakak adik ini di luar kampung halaman, sejak pandemi Covid-19.

Menurut data Asosiasi Produsen Mobil Korea, dikutip dari kantor berita Yonhap, Senin (26/2/2024), Hyundai Motor Co dan Kia Corp secara detail produksi sebanyak 3.678.831 unit kendaraan di 13 basis produksi luar negerinya pada tahun lalu.

Jika dilihat dari jumlah produksi masing-masing merek, untuk Hyundai berhasil menghasilkan sebanyak 2.243.069 kendaraan di delapan negara, yakni Amerika Serikat, India, China, Turki, Republik Ceko, Brazil, India, dan Singapura.

Sementara untuk Kia memproduksi 1.435.762 kendaraan di Amerika Serikat, China, Slovakia, Meksiko, dan India.

Jumlah produksi Hyundai dan Kia ini, meningkat 2,9 persen dibandingkan pada 2022. Angka tersebut, jadi yang terbesar dari empat tahun sejak 2019.

Sedangkan untuk 2023, produksi kendaraan di luar Korea Selatan paling banyak dilakukan di India, sebesar 1,08 juta unit dan disusul Amerika Serikat 727 ribu unit, Cina 394.249 unit, dan Slovakia 352.240 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini