Sukses

Upaya Mendorong Ekspor Kendaraan Komersial Lewat Pameran Giicomvec 2024

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menggelar pameran business to business (b2b) Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2024. Pameran otomotif untuk segmen kendaraan komersial ini akan dilangsungkan pada 7 hingga 10 Maret 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan, pertumbuhan ekonomi nasional yang terus mengalami kenaikan positif, serta iklim investasi yang semakin kondusif harus dimanfaatkan para pelaku industri. Dan salah satu faktor vital dalam membangun bisnis adalah alat dan sarana transportasi yang efektif.

"Saat ini ruas jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah fasilitas luar biasa yang diperuntukkan hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, untuk itu kami sangat mengapresiasi pemerintah," jelas Nangoi, dalam konferensi pers Giicomvec 2024, di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Penyelenggaraan pameran Giicomvec menurut Nangoi juga menjadi ajang yang dapat menunjukkan informasi positif kepada pasar internasional, dan menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

"Tahun 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian sangat positif di 505.134 unit, dimana 8,18 persennya adalah ekspor kendaraan komersial, kami konsentrasi penuh untuk dapat meningkatkannya. Salah satu upayanya adalah dengan memberi dorongan positif lewat penyelenggaraan pameran Giicomvec," jelasnya.

Harapan Gaikindo dengan dorongan positif dari penyelenggaraan pameran Giicomvec, angka ekspor tersebut dapat terus bertambah dan dapat lebih berkontribusi terhadap capaian industri kendaraan bermotor Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta pameran Giicomvec

Pameran ini, akan menghadirkan merek-merek besar di Indonesia dari industri kendaraan komersial dan industri pendukungnya, termasuk juga beberapa merek baru yang akan unjuk kebolehan, di antaranya Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, dan Wuling telah memastikan partisipasinya.

Giicomvec 2024 juga akan diikuti oleh industri karoseri tanah air dan industri pendukung lainnya. Akan berlangsung pada area Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Center (JCC) serta akan mempergunakan area total sebesar lebih dari 14.000 meter persegi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini