Sukses

VW Bakal Bawa SUV Listrik Murah untuk India

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen Group bakal terus memperluas pasar elektrifikasi di India. Jenama asal Jerman ini, akan berencana menghadirkan sport utility vehicle (SUV) entry-level atau harga terjangkau di Pasar Bollywood.

Dijelaskan Piyush Arora, CEO Skoda Auto Volkswagen India mengatakan, pihaknya telah mengkaji dan mengerjakan model tersebut, dan tengah melakukan penelitian terkait platform apa yang cocok dengan model murah tersebut.

"Kami secara aktif mengerjakan kendaraan listrik entry-level. Kami sedang mengevaluasi platform VW Group mana yang paling cocok untuk membangun SUV listrik kompak di India," ujar Piyush, disitat dari Automotive News, Minggu (4/2/2024).

Mobil listrik dengan harga terjangkau ini, dengan volume yang besar dan diperlukan juga investasi hingga tiga digit juta dolar untuk merealisasikan proyek ini.

"Penetrasi kendaraan listrik di India, tidak akan secepat yang diperlukan untuk membenarkan investasi. Jadi, kami sedang pertimbangkan kemungkinan untuk ekspor produk tersebut," tegas Piyush.

Sebagai informasi, kendaraan listrik menyumbang sebanyak dua persen dari total penjualan mobil di India dan pemerintah menargetkan angka hingga 30 persen, pada 2030 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Volkswagen Pastikan Mobil Listrik GTI Hadir Perdana pada 2026

Volkswagen telah mengonfirmasi, jika model ikonik Grand Touring Injection (GTI) listrik akan hadir perdana pada 2026. Hal tersebut, ditegaskan langsung oleh Kepala Desain Volkswagen, Andreas Mindt.

Disitat dari Carscoops, dari postingan di Instagram sang desainer memberikan gambaran singkat tentang julukan GTI yang legendaris. Dimulai dari Golf GTI asli pada 1975, yang dijual secara terbatas sebanyak 5.000 unit.

"Sampai saat ini, kami telah menjual lebih dari 2,8 juta unit kendaraan di seluruh dunia. Tahun 2026, kami akan memperkenalkan versi listrik dari model ikonik ini," ujar Mindt.

Sementara itu, dari gambaran tersebut yang dibuat dalam bentuk sketsa, tampak VW akan menggunakan julukan Golf untuk versi produksi GTI listrik. Tentunya, hal itu patut ditunggu gebrakan dari Volkswagen untuk segmen kendaraan listrik.

VW telah menekankan kesamaan ukuran antara MkI Golf GTI dan mobil listrik kompak sejak pertama kali diperkenalkan pada September lalu.

Meskipun, pabrikan asal Jerman ini telah mengonfirmasi niatnya untuk memproduksi model tersebut pada saat itu, ini adalah waktu paling tepat untuk mengumumkan model mobil listrik tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.