Sukses

Membedah Perbedaan Varian Mobil Listrik Porsche Macan

Saat ini, Porsche hanya menawarkan dalam dua varian yakni Macan 4 dan Macan Turbo. Angka empat menunjukkan perubahan keempat pada model ini, sekaligus menandai era kendaraan listrik Porsche

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, Porsche hanya menawarkan dalam dua varian yakni Macan 4 dan Macan Turbo. Angka empat menunjukkan perubahan keempat pada model ini, sekaligus menandai era kendaraan listrik Porsche setelah memperkenalkan Taycan sebagai model EV pertama mereka.

Lantas apa saja perbedaan kedua varian SUV premium ini? Kita bahas satu per satu lewat impresi lebih dekat di world premiere Porsche Macan lalu.

Eksterior

Bicara eksterior, tentu bicara perubahan desain. Porsche bersikeras mempertahankan bentuk ikonik mereka pada model futuristik ini yang kini menjadi lebih tajam dan dinamis pada beberapa bagian.

Semua orang yang melihat pasti langsung mengetahui bahwa produk baru ini merupakan sebuah Porsche meski tanpa raungan mesin konvensional.

Di atas kertas, kedua varian menawarkan ukuran dimensi serupa yakni panjang 4.784 mm, lebar 1.938 mm dan tinggi 1.622 mm. Sumbu rodanya lebih panjang 86 mm dari model lawas, kini menjadi 2.893 mm.

Ini tentu jadi modal bagus untuk sisi kenyamanan interior.Porsche menyematkan pencahyaan yang terpisah pada Macan terbaru. Lampu utama kini ada di bemper bagian bawah dengan teknologi matrix LED.

Bagian atas, tepatnya di area kap mesin, terdapat DRL yang kini menggunakan empat strip LED. Lampu DRL ini mengingatkan pada bentuk Taycan dan kemungkinan akan digunakan pada model-model Porsche terbaru lainnya.

Beranjak ke belakang, Porsche menyertakan emblem huruf diletakkan di atas LED strip stop lamp tiga dimensi yang memanjang di bagian pintu belakang.

Sisi sampingnya terlihat lengkungan desain serupa coupe dimana sepertiga bagian belakang melandai membentuk sisi sporty. Area samping ini juga jadi tempat pelek 22 inci digunakan pada kaki-kaki dengan wheel arch dan body cladding menegaskan sisi SUV.

Perbedaan pada kedua varian terdapat pada detail ornamen. Misal Macan Turbo, menyertakan emblem Turbo di bagian belakang, varian standar menggunakan emblem Macan 4.

Kemudian jika diperhatikan, model Turbo menggunakan body kit aero yang lebih detail di area depan dan belakang untuk kemampuan aerodinamis yang lebih baik. Ini terlihat pada air splitter di depan dan kehadiran lubang udara di bumper belakang.

Model pelek juga berbeda, Porsche Macan standar menggunakan model bilah berukuran lebar, sedangkan Turbo menggunakan model palang two tone yang lebih sporty. Varian Turbo juga menggunakan body cladding berwarna glossy yang di cat sedangkan varian standar menggunakan warna hitam plastik.

Logo kedua varian juga berbeda. Pada Macan standar, logo Porsche menggunakan pewarnaan standar kuning hitam. Varian Turbo, logonya berwarna silver dan ini menjadi ciri khas untuk varian performa Porsche di semua model.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior

Masuk ke bagian dalam Macan terbaru, penggemar Porsche masih menemui kesan serupa dari generasi sebelumnya. Namun kini hadir dua layar berukuran masing-masing 10,9 inci sebagai hiburan dan akses untuk penumpang depan.

Ini membuat dasbor Macan terbaru penuh layar, belum termasuk meter cluster curve 12,6 inci yang membuatnya terasa futuristik.

Soal layar hiburan ini, Porsche juga menyertakan sistem operasi terbaru lewat Porsche Communication Management (PCM) yang support perangkat Android dan iOS.

Termasuk kehadiran perintah suara untuk mencari navigasi dan tempat pengisian daya terdekat. Sisi pengemudi juga menghadirkan head up display yang dilengkapi dengan augmented visual untuk memudahkan selama berkendara.

Duduk di balik kemudi Macan terbaru, sensasi sport sudah terasa meski kendaraan diam. Porsche menyertakan jok semi bucket yang sporty. Bahan kulit yang disertakan terasa nyaman.

Perbedaan kedua varian ada pada warna dimana varian standar hadir dengan warna hitam, sedangkan varian turbo menggunakan warna putih premium.

Porsche menyediakan pilihan warna tersendiri bagi konsumen yang ingin mendapatkan sentuhan personal pada Macan terbaru.

Posisi duduk Macan terbaru juga diklaim lebih rendah hingga 28 mm, membuat kesan sport makin terasa dan meningkatkan ruang kaki bagi pengemudi maupun penumpang.

Selain itu, tidak ada perbedaan berarti pada kedua varian. Pada versi pre launch yang ditemui, varian standar tidak menyertakan jam di dasbor tengah sebagai ciri khas Porsche.

Macan terbaru masih menyertakan tombol fisik yang memudahkan pengoperasian, berbeda dengan produk elektrifikasi sejenis yang menghadirkan layar utama. Area konsol tengah kini kosong, hanya tombol pengoperasian AC dan volume audio.

Tuas transmisi, atau mode berkendara karena ini mobil listrik, pindah lebih dekat dengan meter cluster. Letaknya bisa terbilang cukup tersembunyi, namun Porsche menyertakan tuas kecil untuk memindahkan ke mode D, R, atau N. Mode P atau parking hadir berupa tombol yang memudahkan perpindahan saat kendaraan berhenti.

Hadir juga LED strip untuk ambient light. Tidak sekedar lampu penghias, LED ini mampu mengkomunikasikan beberapa hal kepada pengemudi seperti greeting, proses pengisian daya atau sistem peringatan yang berfungsi bersama dengan sistem ADAS kendaraan.

 

3 dari 3 halaman

Performa

Bagian ini yang menjadi pembeda antara kedua varian. Di atas kertas, Macan 4 menawarkan tenaga 408 ps dan torsi 650 Nm,s edangkan Turbo menawarkan tenaga 639 ps dan torsi 1.130 Nm.

Tenaga ini disalurkan pada dua motor PSM di as roda depan dan belakang, dimana pembagian tenaganya didominasi motor belakang.

Baterainya memiliki kapasitas 100 kWh, atau sekitar 95 kWh perhitungan daya yang digunakan, yang digunakan di kedua varian. Namun karena perbedaan tenaga, jarak yang ditawarkan berbeda.

Berdasarkan perhitungan WLTP, varian Macan 4 bisa bepergian dengan jarak tempuh 516-613 kilometer rute kombinasi sedangkan dalam kota sekitar 665 sampai 784 kilometer.

Varian Turbo, rute kombinasinya menghasilkan jarak 518 - 591 kilometer sedangkan rute dalam kota di angka 670 sampai 765 kilometer.

Soal performa akselerasi, Macan 4 menawarkan waktu 5,2 detik dari diam hingga 100 km per jam dengan kecepatan maksimal 220 km per jam. Varian Turbo membutuhkan waktu 3,3 detik dengan kecepatan maksimal 260 km per jam.

Pengisian daya cepatnya alias DC bisa mencapai 270 kW. Pengisian dari 10 hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 21 menit. Pengisian dengan arus AC lewat listrik rumahan dan wallbox juga bisa dilakukan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.