Sukses

Gara-Gara Helm Belum Dikembalikan, Wanita Ini Nekat Bakar Ijazah Temannya

Baru-baru ini aksi nekat membakar ijazah yang menjadi pembicaraan hangat di kalangan netizen. Kejadian ini dipicu perselisihan antara dua belah pihak, lembar kertas penting itu pun tinggal menyisakan abu.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial kini tidak lagi sekedar digunakan untuk berbagi soal kegiatan sehari-hari. Pengguna media sosial pun banyak yang berbagi cerita soal perselisihan dengan orang lain yang pada akhirnya viral.

Baru-baru ini aksi nekat membakar ijazah yang menjadi pembicaraan hangat di kalangan netizen. Kejadian ini dipicu perselisihan antara dua belah pihak, lembar kertas penting itu pun tinggal menyisakan abu.

Video ini diunggah di akun Twitter (X), @Little_secret9, dan membuat warganet geram. Bagaimana tidak? Penyebab pembakaran ijazah resmi itu diduga karena helm pelaku yang tidak kunjung dikembalikan oleh pemilik ijazah.

"Perjuangan empat tahun buat dapet ijazah sarjana, musnah dibakar cewek perkara helm-nya ga dibalikin," tulis keterangan video dikutip Senin, 18 Desember 2023.

Dalam video viral, pelaku mengatakan bahwa ijazah yang ada di tangannya adalah ijazah asli. Lengkap dengan tanda tangan rektor serta dekan."Ini adalah ijazah asli," kata perempuan pembakar ijazah.

Dia pun mengambil korek dan tanpa ragu membakar ujung ijazah tersebut.

"Aku enggak main-main, aku diem, aku ngajak baik-baik tapi kamu yang ngajak aku ribut kayak gini. Aku buktiin sekarang, ini ijazah kamu, empat tahun buat dapetin ini, asli," ujarnya.

Dalam utas yang sama, diduga pemilik ijazah meminta pertanggungjawaban atas hal yang telah dilakukan.

"Hai gimana, tanggung jawab apa yang bakal kamu lakuin ke aku setelah bakar ijazah aku? Aku kuliah 4 tahun dan kamu bakar ijazah aku gitu aja? Ditunggu ya itikad baiknya," tulis diduga pemilik ijazah kepada akun @rebeccadimarii.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warganet Geram

Tindakan si pembakar ijazah membuat warganet geram. Menurut warganet, helm bisa dibeli di pasar, sementara ijazah tidak. Tindakan perempuan itu dinilai tidak sepadan dengan masalah yang terjadi.

"Dek, helm bisa beli dek di pasar. Tinggal beli, dapet. Ijazah enggak bisa. Kalau ngambek, please otak dipake. Sepadan nggak helm kamu dengan membakar ijazah? Astaga ikut emosi aku. Bisa dilaporkan polisi enggak sih itu?" tulis warganet.

Menurut @Little_secret9, perempuan yang membakar ijazah merupakan siswi sekolah menengah atas (SMA) alias masih remaja.

Usai viral, sorotan netizen pun tertuju pada pelaku. Mereka pun penasaran dengan alasan si pelaku nekat membakar ijazah tersebut.

Akun @Little_secret9 pun memberi jawaban berdasarkan penuturan korban.

"Sebelumnya kenapa ada di dia? Waktu itu aku ambil ijazah dan langsung ke rumahnya makanya aku titipin karena malemnya mau keluar lagi sama dia. Jadi belum sempat fotocopy, scan, dan lain-lain.”

"Selepas itu, dia minta balikin (helm) baik-baik dan aku bilang bisanya malem. Tapi dia maksa di sore itu karena malam ada acara katanya. Aku bilang di Pamulang, lumayan jauh ke sana. Di situ dia langsung bilang kalau 'Ijazahnya sama aku dulu apa mau barter aja?'," katanya.

Usai percakapan tersebut, terjadilah pembakaran ijazah yang kini viral.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.