Sukses

Cara Mudah Mencegah Kerak Pada Kaca Spion

Pada beberapa mobil yang sudah berusia, spion seringkali berkerak. Biasanya kerak berwarna hitam, namun ada juga yang berkerak putih

Liputan6.com, Jakarta - Kaca spion adalah bagian dari kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai cermin untuk memantulkan pandangan dari bagian belakang atau samping kendaraan.

Kaca spion ini memungkinkan pengemudi untuk melihat kondisi di sekitar kendaraan dan memantau lalu lintas dari berbagai arah tanpa harus berpindah posisi.

Kaca spion umumnya terdapat di kedua sisi kendaraan, yaitu kaca spion samping kanan dan kiri. Beberapa kendaraan juga dilengkapi dengan kaca spion dalam, yang memungkinkan pengemudi melihat penumpang di bagian belakang kendaraan tanpa harus berputar.

Pada beberapa mobil yang sudah berusia, spion seringkali berkerak. Biasanya kerak berwarna hitam, namun ada juga yang berkerak putih. Hal ini merupakan hasil dari kerak air yang membandel.

Kondisi ini tentu saja mengganggu. Bukan saja terkait estetika, namun juga karena daya pandang belakang menjadi terganggu. Ujungnya, nilai jual mobil juga akan menurun karena detail kecil tersebut.

Hal ini pun sulit dihilangkan, bahkan seringkali hanya bisa diperbaiki dengan melakukan penggantian kaca spion.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kerak tersebut? Berikut tips yang diberikan Hyundai Indonesia:

1. Gunakan Glass Cleaner

Jangan menggunakan sembarang sabun atau obat pembersih pada kaca spion. Obat pembersih yang terlalu kuat bisa menyebabkan lapisan tertentu menghilang dan merusak kaca spion.

Gunakan glass cleaner dengan kualitas bagus, agar mampu mengangkat minyak, jamur atau bekas tangan yang masuk ke dalam pori-pori kaca spion. Glass cleaner juga dapat membersihkan kerak air membandel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Rajin Bersihkan

Kaca spion juga sebaiknya rajin dibersihkan. Kotoran yang menumpuk akan menyebabkan kaca menjadi kotor, mempengaruhi kualitas pantulan, serta bisa menyebabkan kerak.

3. Cara Membersihkan

Untuk membersihkan kaca spion, lakukan secara halus bila menggunakan obat khusus. Seringkali obat tersebut juga diaplikasikan dengan lap, tidak disemprot langsung.

Itulah 3 cara mudah pencegah kerusakan pada kaca spion mobil, apabila kaca spion tersebut terlalu parah sebaiknya diganti ke bengkel terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini