Sukses

Menjajal Kemampuan Hyundai Stargazer X Menaklukkan Jalur Yogyakarta-Solo

Hyundai Stargazer X menjadi senjata terbaru PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di pasar otomotif Tanah Air

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Stargazer X menjadi senjata terbaru PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di pasar otomotif Tanah Air. Dibangun berdasarkan basis mobil keluarga andalan, Stargazer, model yang bertarung di segmen LSUV ini diklaim mendapatkan banyak ubahan, dari segi eksterior dan juga performa.

Membuktikan hal tersebut, Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal Hyundai Stargazer X, dengan rute Yogyakarta-Solo-Yogyakarta.

Rute pertama pengetesan Hyundai Stargazer X ini, dimulai dari Yogyakarta International Airport (YIA) menuju Magelang. Jalanan untuk tahap pertama ini cukup menantang, salah satunya tanjakan yang cukup panjang.

Di sini, Stargazer X membuktikan pengalaman berkendara yang menyenangkan kepada para peserta berkat fitur Drive Mode dengan empat pilihan berkendara (Eco, Comfort, Smart, dan Sport). Saat awak media memilih mode Sport, para peserta bisa menikmati performa lebih kendaraan untuk melibas kondisi jalanan menanjak.

Kemampuan Stargazer X yang mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan berkendara pun didukung oleh mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC dan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT) yang memastikan performa maksimal dan efisien. Dengan begitu, Stargazer X dapat memanjakan pengemudi selama perjalanan.

Dengan spesifikasi tersebut, Tenaga sebesar 113 Tk pada putaran 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm, dirasa cukup untuk digunakan di banyak kontur jalanan Indonesia.

Jika berbicara kabin yang ditawarkan Hyundai Stargazer X, cukup luas dengan bagasi yang lapang dengan kapasitas hingga 585 liter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interior Hyundai Stargazer X

Dari segi interior, Hyundai Stargazer X tidak memiliki perbedaan yang berarti dengan Stargazer biasa. Tapi, untuk yang varian Prime ini, model ini sudah dilengkapi sistem audio Bose delapan speaker.

Sedangkan sisi kenyamanan di mobil ini, juga ditunjang hadirnya layar 4,2 inci TFT LCD Cluster dan Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, serta Wireless Phone Connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay.

3 dari 4 halaman

Fitur canggih

Tidak hanya menjajal di jalur pedesaan, Hyundai Stargazer X ini juga diuji melewati jalur tol dengan menikmati fitur yang disediakan, seperti Smartsense, lalu ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist bekerja apik memberikan sinyal ketika ada kendaraan lain dekat di sisi mobil. Fitur ini sangat berguna karena Hyundai Stargazer X punya desain pilar A yang menjorok ke depan, sehingga visibilitas di bagian samping depan tidak cukup baik, meskipun tidak terlalu menggangu.

Fitur cruise control juga sudah tersedia untuk Hyundai Stargazer X, yang sangat berguna saat di jalan bebas hambatan. Didukung dengan Hyundai SmartSense yang secara pintar membaca garis jalan di tol, sehingga mobil tetap berada di jalur.

Selain itu, sistem pengereman model ini juga sudah cukup mumpuni, dan sepenuhnya menggunakan cakram, serta fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang membantu memberikan notifikasi untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

Namun, ketika berjalan di jalur bebas hambatan ini, Hyundai Stargazer X ini juga masih terasa limbung, tapi masih dalam batas kewajaran. Sedangkan handling dari model ini, cukup mumpuni, mampu diajak meliuk-liuk baik di jalan tol maupun di jalan dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat.

4 dari 4 halaman

Harga

Sebagai informasi, Hyundai Stargazer X ini ditawarkan dengan berbagai pilihan warna, yaitu Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Dragon Red Pearl. Stargazer X juga menawarkan pilihan warna eksterior baru, yaitu Gravity Gold Matte dan Optic White Matte, dengan biaya tambahan sebesar Rp3.500.000.

Produk baru dari Hyundai ini juga tersedia dalam Two-Tone Color dengan biaya tambahan Rp1.500.000. Pilihan Captain Seat juga tersedia untuk tipe Style dan Prime dengan biaya tambahan Rp1.000.000.

Hyundai Stargazer X tersedia dengan harga (OTR Jakarta):

  • Stargazer X Style: Rp325.600.000
  • Stargazer X Prime: Rp336.200.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.