Sukses

Bridgestone Indonesia Kembangkan Ban Mobil Listrik, Siap Meluncur Akhir Tahun

Tren mobil listrik yang terus berkembang di Indonesia membuat Bridgestone bergerak cepat untuk menghadirkan ban yang sesuai dengan karakter kendaraan ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Tren mobil listrik yang terus berkembang di Indonesia membuat Bridgestone bergerak cepat untuk menghadirkan ban yang sesuai dengan karakter kendaraan ramah lingkungan. Dan dalam waktu dekat, ban khusus mobil listrik dari Bridgestone bakal dirilis.

"Ban untuk EV tentunya ada, mungkin akhir tahun ini (peluncurannya)," terang Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia Mukiat Sutikno di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Sayangnya ia enggan membocorkan lebih lanjut terkait produk baru yang tengah disiapkan tersebut. Ia hanya memberi kisi-kisi sedikit tentang ban baru itu.

"Awalnya satu model dulu tapi nanti ke depannya akan ada pilihan lainnya," kata Mukiat.

Tanpa menyebut ukuran ban secara rinci, ia menyatakan ban mobil listrik yang disiapkan Bridgestone memiliki berukuran agak besar. "Iya, ukurannya sedikit lebih besar," sebutnya.

Itu artinya, ban yang disiapkan bukan untuk model mobil listrik yang menggunakan pelek berukuran kecil, seperti Wuling Air ev yang mengadopsi pelek 12 inci.

"Ban yang 12 inci sebenarnya (Bridgestone) sudah ada, tapi kami sedang melihat kecocokan untuk market atau kondisi jalan di Indonesia," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan

Meski tidak menjabarkan lebih lanjut terkait spesifikasinya, Mukiat menyampaikan bahwa ban mobil listrik ini telah dikembangkan secara khusus dan mempertimbangkan beberapa hal, seperti tingkat kebisingan maupun tingkat hambatan gulir.

"Terkait noise, karena ini untuk EV jadi harus nempel (pada ban baru ini). Kalau tidak kan lucu, mobilnya sudah tidak ada suara, malah suara ban yang berisik," jelas Mukiat.

"Untuk rolling resistance juga harus, karena kalau tidak pemakaian listriknya akan lebih boros. Jadi, rolling resistance makin rendah, bahan bakar kita pun jadi lebih irit," tambahnya.

Terkait harga, Mukiat menyebut banderol ban baru untuk mobil listrik ini belum ditentukan. "Harga belum (bisa disampaikan)," jawabnya singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini