Sukses

Resep Keberhasilan TGRI Jadi Juara Ajang Balap AXCR 2023

Toyota Gazoo Racing Indonesia sukses menguasai podium pertama dan kedua pada gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang berlangsung di Thailand dan Laos

Liputan6.com, Jakarta - Keberhasilan Toyota Gazoo Racing Indonesia dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang berlangsung di Thailand dan Laos pada 13-19 Agustus 2023 diakui tidak hanya dipengaruhi oleh performa mobil mumpuni.

Namun, menurut Toshio Obara selaku Executive Advisor Toyota Gazoo Racing Indonesia, kemenangan tersebut juga ditopang oleh penggunaan ban yang mumpuni sehingga mampu memberikan performa maksimal.

"Saya sangat bangga dengan tim ini. Ban GEOLANDAR M/T G003 YOKOHAMA mendukung kendaraan kami, dan semua pengemudi tim sangat senang karena mereka dapat mengemudi dengan percaya diri dengan ban tersebut," jelas Toshio Obara.

Selama TGRI mengikuti AXCR sejak 2017 lalu, sosok yang juga merangkap sebagai Presiden Direktur TCD Asia Pacific Indonesia, mengungkapkan resep keberhasilannya juga dikontribusikan atas kerjasama tim yang semakin solid dari setiap event yang diselenggarakan.

"Kami sudah mencoba AXCR sebanyak empat kali sejak 2017. Senang sekali kami finis di posisi 1 dan 2. Hasil ini tidak hanya disebabkan oleh upaya para pembalap, tetapi juga berkat kerjasama para mekanik dari Jepang, Indonesia, dan Thailand untuk mendukung tim," tambahnya.

Pada gelaran AXCR 2023, TGRI, menurunkan tiga SUV Toyota Fortuner yang dikendarai oleh Takuma Aoki, TB Adhi, serta Ikuo Hanawa. Ketiga pereli ini turun di kelas bergengsi T1D di mana mengadu pada mobil-mobil modifikasi yang sesuai dengan regulasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota Fortuner TGRI Berhasil Menyegel Gelar Juara AXCR 2023

Toyota Gazoo Racing Indonesia menurunkan SUV Toyota Fortuner dalam kompetisi Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023, dan berhasil menyegel gelar juara pertama dan kedua di ajang tersebut.

Tampil sebagai pereli yang baru direkrut oleh TGRI, TB Adhi, tampil begitu mengesankan. Ia berhasil menunjukkan konsistensinya selama enam hari balapan yang dimulai pada 14 sampai 19 Agustus 2023.

Adhi menjelaskan, meski mengandalkan mobil yang masih standar, performa mesin diesel 2.8 liter sangat bisa diandalkan untuk melintasi segala medan.

"Mobil yang saya pakai ini adalah Toyota Fortuner tahun 2022 dengan mesin terkini 2.8 liter dan mobil ini memang memiliki performa yang sangat baik, tapi hanya saja memang saya banyak minta beberapa penyesuaian untuk disesuaikan dengan karakter mengemudi saya agar hasilnya bisa maksimal," ujar Adhi.

Berdasarkan spesifikasinya, Toyota Fortuner yang diturunkan pada ajang Asia Cross Country Rally 2023 tersebut masih mengandalkan mesin standar yakni empat silinder segaris dengan kode 1GD-FTV yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 203,9 PS.

Guna memberikan kemampuan maksimal saat berlaga di Thailand dan Laos, Toyota Fortuner ini telah mengalami sedikit modifikasi di sektor kaki-kaki. Adapun ubahan dari sektor tersebut meliputi penggunaan upper arm dari Total Chaos Fabrication yang dikawinkan dengan shockbreaker King Shocks.

Di samping itu, Adhi, juga mengungkapkan meskipun mobil yang dipersiapkan oleh tim telah maksimal, namun untuk bisa meraih juara ia juga melakukan beberapa penyesuaian agar performa mobil yang dihasilkan dapat dioptimalkan lebih baik lagi.

"Dibekali dengan kendaraan yang bagus seperi Toyota Fortuner, saya bisa mengembangkan driving skill saya di AXCR dari hari perhari selalu ada perbaikan dan perkembangan dalam menguasai kendaraan," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.