Sukses

Sistem Lalu Lintas Berbasis AI di Solo Sudah Lolos Verifikasi, Bisa Diterapkan di Kota Lain

Sistem pengendalian lalu lintas cerdas berbasis Artificial Intelligent (AI) milik PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN)

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pengendalian lalu lintas cerdas berbasis Artificial Intelligent (AI) milik PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN), yang telah terpasang di Solo, resmi mengantongi sertifikasi VV&E (Verifikasi, Validasi & Evaluasi) untuk sistem Intellligent Traffic Control System (ITCS) dari Intelligent Transportation System Association of Indonesia (ITS Indonesia).

Acara penyerahan sertifikasinya sendiri, dilakukan di Central Control (CC Room), Jl Menteri Supeno, Manahan, Solo.

Sertifikat tersebut diterima oleh Direktur Utama PT TKDN, David Santoso dan disaksikan oleh Ari Wibowo, SSiT, MT, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Mardiono Joko Setiawan, Sekretaris Dishub Solo, I Gede Wayan Samsi Gunarta M.A ppl.Sc, Kadishub Provinsi Bali, dan lainnya.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ITCS yang dibangun oleh PT TKDN, telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan sesuai dengan masterplan yang telah dimiliki oleh ITS Indonesia dalam pemenuhan teknologi yang tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai smart city enabler di Indonesia, Intelligent Traffic Control System (ITCS) atau sistem pengendalian lalu lintas cerdas dari PT TKDN dapat membantu mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah karena telah dilengkapi dengan teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan teknologi AI Predictive Modelling.

Sistem secara otomatis akan mengoptimalkan waktu siklus lampu lalu lintas pada persimpangan untuk menghindari terjadinya kemacetan yang parah. Sistem ini juga memiliki fitur bus priority dimana transportasi publik bisa diprioritaskan untuk mendapat lampu hijau ketika melewati persimpangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solo Dapat Dicontoh Kota Lain

"Saya berharap ITCS di kota Solo dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia untuk tidak ragu mengembangkan sistem pengendalian lalu lintas yang lebih modern dan efisien apalagi teknologi ITCS kami sudah teruji serta dapat menyesuaikan dengan kondisi riil lalu lintas di Indonesia," jelas David Santoso, Direktur Utama PT TKDN, dalam keterangan resmi, Selasa (22/8/2023).

Penyerahan sertifikat VV&E ini merupakan tonggak penting PT TKDN dalam pengembangan sistem ITCS. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas, mengurangi kemacetan, dan meningkatkan efisiensi transportasi di perkotaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, menyampaikan apresiasinya kepada PT TKDN atas kerja kerasnya dalam membangun sistem ITCS di Kota Solo.

"Dishub Solo juga berharap agar sistem ITCS ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Solo," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.