Sukses

Arungi Keganasan AXCR 2023, Toyota Fortuner TGRI Tampil Beringas

Toyota Fortuner yang digeber oleh TB Adhi sebagai pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia, berhasil memberikan hasil impresif di akhir leg ketiga dengan menjadi runner up secara overall

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Gazoo Racing Indonesia resmi menurunkan SUV andalan mereka Toyota Fortuner 2.8 untuk mengikuti kompetisi Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang berlangsung dari Thailand menuju Laos pada 13-19 Agustus 2023.

Meski dihadapkan dengan medan tersebut, tidak membuat pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia, TB Adhi, gentar untuk menaklukan persaingan.

Usai melakoni 3 Special Stage yang menempuh jarak kurang lebih 1.000 kilometer, mobil bongsor ini mampu berada di peringkat kedua overall mengalahkan beberapa mobil-mobil rally lainnya yang lebih proper.

Setelah menyelesaikan etape ketiganya pada Rabu (16/8/2023), TB Adhi, menyampaikan bahwa keberhasilan tersebut juga lantaran didukung oleh beberapa tim teknisi atas kerja kerasnya untuk menyiapkan mobil yang siap tempur.

"Mobil yang saya pakai ini adalah Toyota Fortuner tahun 2022 dengan mesin terkini 2.8 liter dan mobil ini memang memiliki performa yang sangat baik, tapi hanya saja memang saya banyak minta beberapa penyesuaian untuk disesuaikan dengan karakter mengemudi saya agar hasilnya bisa maksimal," ujar TB Adhi.

Berdasarkan spesifikasinya, Toyota Fortuner ini masih mengandalkan mesin standar yakni empat silinder segaris dengan kode 1GD-FTV yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 203,9 PS.

Sementara untuk sektor kaki-kaki, untuk menopang performa yang mumpuni dalam melibas segala medan di AXCR 2023, tim sudah melakukan perubahan dengan menggunakan produk aftermarket.

Demi menopang kemampuannya di medan tersebut, model ini juga ditopang dengan ban Yokohama yang memang telah disesuaikan untuk kebutuhan dalam menaklukan medan rally terganas di Asia ini.

Pada hasil akhir etape ketiga, TB Adhi yang bertarung di Kelas T1D di mana ini merupakan kelas neraka, berada di posisi kedua, dengan total waktu tempuh 7 jam 59 menit  55 detik. Ia terpaut sekitar 2 menit dari rekan satu timnya di Toyota Gazoo Racing Indonesia, Takuma Aoki, yang berhasil mencetak waktu tercepat 7 jam 57 menit 47 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Julian Johan Raih Hasil Memuaskan Saat Debut Perdana AXCR 2023

Julian Johan dan Recky Resanto berhasil meraih hasil yang memuaskan saat Gelaran Asia Cross Country Rally Cross (AXCR) etape pertama pada 14 Agustus 2023. Pasangan pereli Jejelogy GHP Law and Firm ini menempati podium keempat di Kelas T1G yang berisikan para pereli berpengalaman.

Meski Kelas T1G yang diikuti oleh Julian Johan dihuni oleh banyak pereli senior, hal tersebut tidak membuatnya patah semangat.

"Jumlah peserta di kelas ini cuma lima orang, tapi mereka semua senior di AXCR. Dari Indonesia ada Om Memen dan Om Jaya, ada peserta dari Jepang dan Kambodja," ujar pria yang biasa disapa Jeje, Senin (14/08/2023).

Di etape pertama AXCR 2023, Jeje memulai persaingan dari Pattaya dan finis di Prachinburi dengan menempuh total jarak 384 km, sementara untuk Special Stage pertama hanya berkisar 206 km.

"Boleh dibilang dari hari pertama kita sudah dapat etape atau SS yang panjang," tutur Julian Johan.

Medan yang dilaluinya pun cukup menantang, melintasi hutan karet dan juga melewati konservasi gajah, di mana jalurnya sangat sempit. Meski begitu, ada pula bagian lintasan yang bisa dilewati dengan kecepatan tinggi, sehingga ia bersama Recky Resanto dapat memacu mobil dengan maksimal.

"Banyak bagian yang high speed, bisa dipacu kencang, tapi banyak jebakan lubang besar, tricky banget. Memang bisa kembangin kecepatan, tapi banyak lubang, membuat suspensi sangat bekerja keras," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.